Yuk, Tolak Valentine dan Semua yang Berbau Barat



Saya pernah menulis “Menolak Valentine? Ah, Sok Paten Kali pun Kalian“, dan ada komen yang menarik dari pembaca dengan nick Anti Barat. Menurutnya, bukan hanya Hari Valentine, tetapi semua hal berbau barat juga harus ditolak.

Berikut ajakan dari beliau, ajakan yang memang tidak tanggung-tanggung!

Kepada sesama kawan ANTI BUDAYA BARAT, Valentine yang berasal dari budaya barat, memang harus kita tolak. Tidak peduli ada unsur positifnya atau tidak, saya rasa kita sebagai sesama anti budaya barat harus menolaknya

Tapi, lebih daripada itu, kita harus KENALI dan HINDARI pemakaian barang-barang hasil OLAH PIKIR dan OLAH BUDAYA mereka (barat)
kita harus kenali barang/ produk yang berasal dari olah rasa, olah karsa, olah pikir dan hasil budaya bangsa barat. Ingat, segala sesuatu yang berasal dari budaya mereka, harus kita lawan.

Mesin ATM Pertama dibuat 02-09-1969 di Amerika Serikat
komputer pertama dibuat oleh Dr. John V Atanasoff dan Clifford Berry thn 1937
Penemu Mesin uap Adalah James Watt Berasal dari Negara Inggris
Penemu Mesin 4 tak Adalah Nicolaus Otto Berasal dari Negara Jerman
Penemu Mesin diesel Adalah Rudolf Diesel Berasal dari Negara Jerman
Penemu Mesin cetak Adalah Johannes Guttenberg Berasal dari Negara Jerman
Penemu Mesin ketik Adalah Christopher Sholes Berasal dari Negara Amerika
Penemu Radio Adalah C. Marconi Berasal dari Negara Italia
Penemu Televisi Adalah J.L. Baird & C.F. Jenkins Berasal dari Negara Amerika
Penemu Telegrap Adalah Samuel F.B. Morse Berasal dari Negara Amerika Serikat
Penemu Telepon Adalah Alexander Graham Bell Berasal dari Negara Amerika Serikat
Penemu Dinamo Adalah Michael Faraday Berasal dari Negara Inggris
Penemu Bola lampu Adalah Thomas Alva Edison Berasal dari Negara Amerika Serikat
Penemu Batu baterai Adalah Volta Berasal dari Negara Italia
Penemu Termometer Adalah Galileo Galilei Berasal dari Negara Italia
Penemu Korek api Adalah Robert Boyle, John Walker
PPenemu Sinar Rontgen Adalah Wilhelm Conrad Rontgen Berasal dari Negara Jerman
Penemu Stetoskop Adalah Rene Laennec
Penemu Lensa Adalah Anthony Van Leuwenhook Berasal dari Negara Belanda
Penemu Mikroskop Adalah Zacharias Janssen
Penemu Teleskop Adalah H. Lippershey
Penemu Kamera Adalah Louis Jacques Monde da Guerre & Edwin Land Berasal dari Negara Amerika
Penemu Pesawat terbang Adalah Wilbur dan 0. Wright Berasal dari Negara Amerika
Penemu Kereta api Adalah Murdocks Berasal dari Negara Inggris
Penemu Lensa kaca mata Adalah Benyamin Franklin Berasal dari Negara
Penemu Mesin hitung Adalah Blaise Pascal Berasal dari Negara Prancis
Penemu Mobil Adalah Gottlich Daimler
Penemu Motor Adalah Nikola Tesla
Penemu Traktor Adalah Benyamin Holt
Penemu Tangga jalan Adalah Elis G. Otis

Komentar Nesiaweek:

Bagaimana, setuju, atau lebih tepatnya, sanggup atau tidak?

35 thoughts on “Yuk, Tolak Valentine dan Semua yang Berbau Barat

  1. weirdaft

    jadi ingat dulu bang, pas lg rapat tak penting untuk demo tak penting sekitar tahun 2003 disalah satu univ yg jadi rebutan 2 yayasan. Ada salah satu petinggi disitu yang mengajukan opsi untuk “MENOLAK GLOBALISASI”. asli aku bengong sambil liatin orang yg paling vokal itu. Dan setelah itu, tak pernah lagi aku ikut2an rapat tak penting lagi.
    hehehe…..mari, menolak globalisasi,,,,ajakan yg aneh

    Balas
  2. putirenobaiak

    hihi konyol aja kalee tuh orang…:D

    kalau gak setuju hal2 tertentu itu sikap pribadi, tapi kalau menolak ilmu pengetahuan yg bermanfaat jadi geblegs dunkz😛

    Balas
  3. telmark

    raihlah Ilmu smp ke ngr China.
    tehnologi mana bisa ditolak?
    suatu kemajuan kan ada baik dan buruknya. mungkin maksudnya kita tolak keburukan2-nya doang. hehe..
    bisa2 kita dibilang mau enaknya doang dong, yg buruknya selalu ogah.
    *serasa hidup di dunia primitif*

    Balas
  4. The Rock

    Sbnrnya menyedihkan melihat antipati kita kepada barat. Sama menyedihkannya dgn fobia barat kepada Islam. Dunia udh dibutakan oleh prasangka.
    Kita harus ngakuin kalo saat ini Barat emg lebih maju dari dunia Islam. di sisi lain, dunia jg kudu ngakuin, Islam jg pernah jadi kiblat kemajuan zaman.

    Balas
  5. Catra?

    wow…. ternyata belum ada yang berasal dari Indonesia ya? susah juga tuh untuk memboikotnya
    oya, ada juga tuh satu dari Indonesia, Ponari Sweat (air kobokan ponari)

    Balas
  6. wira jaka

    ehhhh. … kasih sayang kok ditolak, maksudnya kan baik, dalam setahun, kalau tidak sempat, yah sehari aja ucapkan sayang pada orang yang kita cintai / pasangan, mengenai caranya yah terserah kita sebagai orang timur, kalau masih pacaran ya … jangan brangasan eh kebablas, klu sudah nikah yah kan bisa lebih mesra😛

    kalau masalah gaya anak muda sekarang pacaran …. gak ada valentine pun mereka tetap semangat kok …… jadi ya itu semua tergantung pada cantelan kok ….

    Balas
  7. Manganju luhut tambunan

    “Surat Cinta dari Barat, untuk Negeri Tersayang”
    Menutup Pintu Kusam masa lalu, demi mengintip Jendela Cerah hari esok
    ——————-

    Sekilas balik… globalisasi.
    Jika Anda orang-orang timur berbicara mengenai penjajahan, kolonialisme dan imperialisme bangsa barat beberapa abad kemarin, saya mengakui Anda benar.
    Peradaban saya (barat) melakukan sebuah kesalahan besar dengan menjajah nenek moyang Anda. Akan tetapi jika Anda berbicara masalah globalisasi, hegemoni, pasar bebas,dan neo-kolonialisme sebagai dalih untuk memaki kami saat ini, dengan segala hormat, sepertinya Anda salah.

    Seribu tahun lalu, peradaban Anda mengalahkan kami dalam perang ke-7, Richard The Lion Heart terpaksa pulang dan berkata “Sultan Saladin Telah Menang!”. Akan tetapi, kami berpikir dan kami tahu pasti, kami harus belajar untuk mengalahkan Anda. Kami melakukan renaissance dan kami bangkit dengan enlightenment. Anda seharusnya berpikir mengapa Hobbes, Locke, Pasteur, Boyle, Newton, Spinoza, Leibnizt, Montesquieu, Rosseau, Kant, Hume, Franklin, Jefferson, dan yang lain lahir di peradaban kami. Menurut Anda, ini karena usaha dan sistem yang kami buat atau karena Tuhan yang memang tidak adil menempatkan pemikir-pemikir tersebut di tempat kami? Jika Tuhan memang yang tidak adil, dengan segala hormat, salahkanlah Tuhan. Kami tidak bersalah sedikitpun atas kebodohan Anda.

    Kami membuat bom atom dalam setahun bukan dengan mendongeng cerita seribu satu malam. Kami membangun New York bukan dengan bertahun-tahun mengagumi Borobudur yang selalu kalian bangga-banggakan itu, dan tidak semata-mata terhanyut euforia atas kekayaan sumber daya alam negara kami. Kami mendirikan Oxford bukan dengan mencuri karya Syahyakirti. Kami menggunakan media informasi untuk ilmu pengetahuan, bukan dengan menyiarkan “keroncong-keroncong pembodohan“ layaknya sinetron konyol dinegeri Anda. Kami menulis konstitusi kami dengan darah kami sendiri bukan dengan meniru seperti yang Anda lakukan. Lalu jika kami lebih kaya, lebih berkuasa, dan lebih pintar dari Anda apakah kami salah? Anda sudah seharusnya menghargai usaha kami dalam seribu tahun terakhir ini.

    Mari berbicara tentang hegemoni. Mengapa jika kami berhasil menjual produk budaya kami di timur, Anda mengatakan hal itu sebagai hegemoni budaya? Dengan segala hormat, produk budaya kami lebih dihargai karena kami belajar dan berinovasi, bukan dengan meniru di “Pasar gelap”.
    Jika Anda merasa inlander terhadap bangsa kami, dengan segala hormat apakah kami salah? Haruskah kami dihukum karena perasaan Anda? Saya rasa adalah sebuah hukum alam jika yang kuat menang dari yang lemah. Bangsa Anda pernah menjajah bangsa kami di Spanyol dan Balkan. Tetapi kami tidak pernah memprotes Anda.
    Dengan segala hormat, coba Anda bayangkan jika ada asteroid yang akan menabrak dunia saat ini, dapatkah Anda mencegah kiamat? Dapatkah Anda bertahan jika ada pademi flu burung, tanpa bantuan kami? Dengan segala hormat, jika itu terjadi maka adalah hak kami untuk menjadi pahlawan terhadap Anda. Sebaiknya Anda tidak lupa dengan bertiliyun-trilyun US Dollar hibah yang kami berikan untuk menyelamatkan Anda dari kemiskinan. Mohon maaf Tuan-Tuan “Edward Said muda”, Peradaban Andalah yang menjajah Anda sendiri. Negeri kami tidak membenarkan perbedaaan jalur mendapatkan kesempatan pendidikan antara borjuis dan masyarakat biasa, hingga kami dengan cepat dapat berkembang dan maju.

    Mari kita berbicara tentang globalisasi dan jargon neo-kolonialisme. Globalisasi sangat terkait dengan semangat liberalisme. Dalam hal ini, kami sangat menghargai kebebasan berpendapat, termasuk kebebasan berusaha dan demokrasi ekonomi. Demokrasi ekonomi hanya akan dapat terjadi jika setiap negara diberikan kebebasan yang sama dalam melakukan perdagangan. Argumentasi ini diperkuat oleh kajian yang dilakukan dalam 80 tahun terakhir ini dalam ilmu ekonomi. Anda dapat berkaca kepada para nobelis ekonomi. Mereka semua sependapat “kesejahteraan hanya dapat terjadi dengan pasar bebas”. Saya tidak melihat satupun argumentasi logis dari kelompok timur. Anda hanya berani berkata dalam selebaran jalanan. Tidak ada satupun argumentasi logis di mimbar ilmiah yang secara tegas melawan globalisasi. Saya mengakui globalisasi memang tidak sempurna. Lalu mengapa kita tidak bersatu dalam pasar bebas?
    Sejumlah kelemahan tersebut harus terus kita dialogkan agar tercipta sebuah tatanan masyarakat global dalam globalisasi yang lebih humanis. Mari bersatu untuk dunia yang lebih baik.

    ——
    Andai aku orang timur, aku harus sadar bahwa aku tidak dapat bertahan tanpa barat, tidak ada cara lain selain globalisasi.

    Tulisan ini dibuat dalam rangka propaganda poros anti-globalisasi. Diskusi hangat sangat dinantikan. Jika tulisan ini diabaikan, penulis mengganggap poros anti-globalisasi telah sadar. Kelompok kami akan dengan ikhlas memaafkan dan dengan segera
    menerima niat baiknya.. Mari bersatu untuk dunia yang lebih baik. Semoga kekeliruan selama ini menjadi bahan renungan kita bersama.

    anju_tbnn

    Balas
  8. Kausar

    Saya stuju dengan mas krna jika kita ingin menunjukan rasa kasih sayang kita kpda pasangan kita, tidak harus di hari valentine..
    Mas jg bisa baca postingan saya tentang hari valentine di kautsarfeehily.co.cc

    Balas
  9. hh

    Menolak merayakan hari valentin saya pikir sah sah saja, tetapi menghindari pemakaian barang-barang hasil OLAH PIKIR barat, sangatlah rugi.

    Mau menciptakan barang barang hasil olah pikir sendiri? Sepertinya tidak perlu lagi, sebab hampir semua barang barang/alat alat yang dibutuhkan oleh manusia sudah tercipta/ditemukan.

    Barangkali yang dimaksudkan oleh pemberi komentar diatas adalah: Menolak memakai barang buatan barat dengan memproduksi sendiri.

    Hal ini sangat mungkin terjadi, mangingat bahwa inteligensi manusia manusia timur tidaklah kalah dari barat sana, ditambah tersedianya bahan bahan yang sangat melimpah, ongkos produksi yang masih relatif murah, dan sangat didukung oleh melimpahnya modal kerja (uang), khususnya bagi negara negara penghasil minyak raksasa di dunia timur ini.

    Hayo kawan2, mari wujudkan mimpi itu. Percaya pada diri sendiri dan memakai barang buatan sendiri, sekalipun itu hasil oleh pikir barat, bodo amatlah.

    Balas
  10. roberthendrik

    sebenarnya orang yang ngomong TOLAK SEMUA YANG BERBAU BARAT sedang menjilat ludahnya sendiri karena menurut list mas di atas, kacamata, mobil ATM yang dia pakai pun buatan barat…

    duh..kadang negeri ini aneh2 ya.. gak bisa ya ambil positif dari sesuatu..

    Balas
  11. Sea_lead

    Hehehe,aneh ya bang,ak pernah nemu kjadian gini,wkt tu ada seminar ngebahas soal palestina,si pembicara koar2 soal blokir produk amerika/barat,yg lucunya dia membuat tulisan di slide laptop yg notabene menggunakan windows sbagai OS nya,rasa pengen ku lempar kursi aja,&sedihnya kyknya gk ada yg perhatikan hal itu slain aku.kt gk perlu boikot produk amerika,tp mending berusaha menyaingi utk menciptakan produk yg lebih baik dari amerika/barat,btul gk?

    Balas
  12. Nelson

    Lha….kalau semuanya di tolak kita mau pakai apa??

    Apa kita kemana-mana mesti pakai “delman”?
    Komunikasi jarak jauh mesti pakai ilmu batin seperti yang disinetron itu?
    Ambil uang pakai Tuyul?
    Trus, dari medan ke jakarta pakai ilmu halimun? Atau pakai awan kitonnya sun go kong?

    Becanda lae he…he…

    Salam kenal….

    Balas
  13. DIKOTOMI DUNIA

    Mengapa kita harus buat dikotomi-dikotomi yang tidak perlu pada dunia ini?? Karena Hari Valentine bermula dari Barat sana, kita orang Timur tidak perlu mengikutinya, bahkan harus mengharamkannya. Kalau demikian, apa yang ditulis kawan dengan nick anti barat juga harus kita ikuti dong, tidak mempergunakan semua hasil ciptaan barat, termasuk komputer yang saat ini ada di depan anda atau mendengar musik klasik. Jika Hari Valentine tidak ada, bisa jadi bang Toga si pemilik blog ini juga lupa membelikan kado buat sang istri, lupa mencium kaki ibunya yang sedang sakit. Saya setuju, kasih sayang itu sebaiknya diungkapkan setiap saat. Tapi, apa yg salah dengan sebuah peringatan yg bisa mengingatkan kita untuk berbuat hal yg baik, seperti hari Ibu, Natal, Idul Fitri, 17 Agustus, dll.

    Bukan hanya dikotomi soal geografis dan budaya yang sering kita perdebatkan. Kita juga kerap membuat pembedaan-pembedaan untuk masalah kepercayaan/agama. Amerika/Israel itu Kristen/Yahudi, Palestina dan Irak itu Islam. Karena dikotomi ini kita menjadi sering salah kaprah, melihat perang di Timur Tengah sebagai perang agama, bukan perang memperebutkan wilayah dan sumber-sumber ekonomi. Beramai-ramai, ormas dan parpol pun menyerukan jihad. Bukankah beberapa menteri di Palestina itu beragama Kristen dan banyak warga AS yang menghujat Bush atas perang Irak? Bukankah konflik Poso dan Ambon, atau tragedi 1998 juga terjadi karena otak kita masih terkotak-kotak memandang suku, agama, dan ras???

    Kawan…. mengapa kita harus mendikotomikan hal-hal yang tidak perlu dan remeh temeh di dunia ini ??? Mengapa kita tidak menggugat hal-hal yang lebih prinsip dan berlaku universal ??? Misalnya, mendikotomikan soal keadilan dan ketidakadilan dalam berbangsa dan bernegara, soal kemiskinan karena hegemoni dan keserakahan kapitalis, soal hilangnya kesempatan warga Indonesia untuk hidup lebih sejahterah karena korupsi ada dimana-mana.

    Kalau itu yang membuat kita marah dan gelisah, mungkin aksi ujuk rasa menentang hegemoni AS tidak hanya ada di Indonesia dan beberapa negara di belahan Timur dunia ini, tetapi akan menyebar ke berbagai negara di bagian Barat. Belumkah kita melihat dan mencermati Poros yang dibentuk Bolivia, Cuba, Venezuela, Brazil, Iran, Rusia, China untuk menentang kesewenang-wenangan AS terhadap perekonomian dunia ini??? Apa yang mendorong negara-negara yang berbeda geografis, ideologis, agama, suku, ras itu untuk bersatu??? Bukankah karena hal-hal yang lebih hakiki dan universal, seperti ketidakadilan, kemanusian, dan kemiskinan???

    Marilah kawan, kita mulai berpikir dan bertindak untuk hal-hal yang lebih mendesak, menentang siapapun yang berlaku tidak adil, menyulut peperangan dan kekerasan, merendahkan kemanusian, serta menimbulkan kemiskinan…

    tabik

    reinhard nainggolan

    Balas
  14. goldfriend

    Lagi-lagi dikotomi barat vs timur.🙂 Dan saya rasa masih banyak prasangka yang dianut oleh sebagian anak negeri kita bahwa barat itu “hancur moralnya”🙂

    Sementara definisi, batasan, latar belakang, dan alasan dari istilah Barat dan Timur saja banyak yang tidak tahu ?

    “Sumatera Barat, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Barat dan Papua Barat itu adalah produk-produk barat yang harus kita hindari dan kita tolak.”

    Wakakakak…😆

    Balas
  15. Ryan Shinu Raz

    Horas…

    Yang paling lucu komen terakhir (goldfriend) diatas. Ha..ha… Aku gak tau bilangnya gimana. Antara “Kepolosan” penerjemahan kata “Barat” dari sekedar defenisi, batasan, latar belakang dan batasan istilah.

    Ini sungguh konyol. Jangan2 dia (goldfriend) juga mau mengganti arah mata angin. sehingga tidak ada yang arahnya Barat.

    (tapi lebih menyedihkan lagi ketika aku menatap-natap hasil ketikan komenku ini. Kupikir…: “Hm….uh, dari pada gak komen)
    He..he.

    Horas..!!!

    Balas
  16. PENA TAJAM

    Menurut aku, kalo yang dari barat baik ya dipake sama kita, yang tidak baik ya jangan dipake, gampang kan? begitu pula yang dari arab (yang dari arab apa yang baik ya? KEKERASAN? hehehehe) atau yang dari negeri sendiri (gado-gado dan pecel, wah itu makanan paling sehat coy)…..bijak dalam memilih berdasarkan nalar yang sehat, yang cocok bagi kita dan bangsa kita, berdasarkan hukum alam yaitu hukum ruang dan waktu, itu aja, begitu aja kok repot

    Balas
  17. ndaru

    Hehehe,aneh ya bang,ak pernah nemu kjadian gini,wkt tu ada seminar ngebahas soal palestina,si pembicara koar2 soal blokir produk amerika/barat,yg lucunya dia membuat tulisan di slide laptop yg notabene menggunakan windows sbagai OS nya,rasa pengen ku lempar kursi aja,&sedihnya kyknya gk ada yg perhatikan hal itu slain aku.kt gk perlu boikot produk amerika,tp mending berusaha menyaingi utk menciptakan produk yg lebih baik dari amerika/barat,btul gk?<——-seandainya aku yang di seminar itu ku minta saja tu laptop sama viewernya..ku bilang, ini produk amrik cuy…buat gue aja yang gak anti barat. :p

    lam kenal bang toga

    Balas
  18. pria suci

    ORANG GUOBLOKKK!!! SOK PINTER..!!!! MANG APA SALAHNYA ORANG BARAT??? MANG ORANG ARAB BISA BUAT PESAWAT??? APA SEMUA ORANG ARAB MENURUTMU ITU BERSIH DARI DOSA??? INGAT, DULU SEBELUM ISLAM DATANG SEMUA ORANG ITU KAFIR!!! ITU DI AFGANISTAN JUGA ADA ORANG SANA YANG JUAL OBAT BIUS ILEGAL??? KENAPA NGK U TOKAK??? KENAPA NGK NULIS ARTIKEL TENTANG ITU???

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s