Sms Kosong pun Ada Maknanya…

Ponsel Anda berdering. Ada sms masuk di Inbox. Pengirimnya seseorang yang Anda kenal. Pas dibuka, eh, isinya kosong. Reaksi Anda? Mungkin kesel, trus ngirim reply semacam, “Apaan sih?”, atau setidaknya membalas dengan sms kosong juga.

Sms kosong kerap dijadikan orang sebagai alat pendeteksi, kapan nomor yang dikirimi sms itu aktif, yang segera diketahui melalui laporan pengiriman atau delivery report. Langkah yang lebih cerdas, ketimbang harus menghubungi tiap lima menit, hanya untuk mendengar jawaban yang sama, “Nomor yang Anda tuju masih selingkuh, mohon sabar menunggu giliran, beberapa menit lagi“.

Terus bagaimana pula, bila orang yang sama mengirimi Anda sms kosong berkali-kali, atau 3 kali sehari, kayak makan antibiotik? Sementara Anda sendiri tipikal orang yang mengaktifkan ponsel 24 jam, seperti SPBU di Jalur Pantura, jadi ngga perlu dideteksi segala.

Pasti lebih menyebalkan lagi kan? Anda bahkan mulai menyalahkan operator selular tertentu, yang mengobral promo ber-sms gratis.

Tapi tunggu dulu, Saudara-saudara! Bukankah dalam mulut yang terkatup kadang tersimpan beribu maksud? Bukankah tak setiap rasa bisa menemukan kata, bisa diberi nama? Bukankah pada sms kosong mungkin ada rindu yang merintih melolong, dari dalam hati yang jatuh tak tertolong?

Ah Bohong! Biar anjing menggonggong, ngirim sms kosong tetap aja kerjaan preman lontong, manusia bermental ompong, anak sundel bolong, yang ngga perlu ditolong. Sori ya, bukannya sombong, tapi kalau iseng kira-kira dong! (Deuh, mulut sampe monyong, kayak abis gotong royong mendorong truk yang terjebak di lumpur Porong…)

Nggak juga… Setidaknya, ketika mengirim sms itu, dia harus mencari nama Anda di phonebook-nya, dan ketika memencet tombol “Send” dia harus memastikan nama dan nomormu yang ada di sana, dan itu berarti dia sedang mengingatmu.

Mungkin lebih dari sekadar mengingatmu, dia merindukanmu, tapi tak bisa menemukan kata, atau cara lain untuk memberitahumu.

Kerinduan memang kerap membuat orang kehabisan kata, tiba-tiba fakir bahasa miskin aksara.

Tetapi sebaliknya, kata-kata–apalagi bila berlebih– justru bisa memiskinkan makna.

Aku pernah memposting Sms Cinta yang Meluluhkan Hati, bahkan sampai empat edisi.😉 Laris manis, Bo! Dan dari beberapa komen yang didapatnya, sepertinya banyak juga yang terbantu. Alhamdulillah, terpujilah Tuhan.

Di kotak draft sebenernya udah ada edisi 5 dan 6, tapi urung dirilis. (Tsaah, kek album superband aja). Soalnya aku mulai berpikir, seindah-indahnya susunan kata itu–yang sebagian besar kumodifikasi atau disadurlah gitu, berdasar rekaman ingatan dari kutipan-kutipan dialog dalam film, novel, dan berbagai sumber lainnya yang kuanggap berkesan–kata yang lahir murni dari dasar jiwa seorang pecinta, tetaplah lebih indah. Bahkan jika tak satu kata pun bisa terucap, seperti sms kosong itu.

*****

Mengapa kadang sulit menemukan kata untuk mengantarkan rasa? Mungkin karena rasa itu terlalu besar, terlalu berat, sehingga tak ada kata yang sanggup membawanya. (Makanya, Anda layak curiga pada seseorang yang tampak begitu fasih mengekspresikan cinta. Dia fasih, mungkin karena sudah sangat terlatih, dan dia sedang berencana menambah koleksi kekasih. Mungkin sih…)

Sulit mengungkap cinta, juga seringkali karena ketakutan rasa itu tak berbalas di seberang sana. Konon bertepuk sebelah tangan itu lebih perih daripada menepuk sarang tawon. Badan yang bengkak disengat lebah, mungkin sembuh beberapa hari sajalah. Tetapi kalau hati yang bengkak karena cinta yang di-reject, sakitnya lama, Jeck! Mana pas cinta ditolak, mbah dukun bukannya bertindak, tapi malah terbahak! Alamak, pantesan si mbah ngakak, wong dia itu dukun beranak.

Dalam kultur timur, wanita memiliki beban lebih besar soal ini. Mereka dianggap “tak pantas” nembak duluan, seolah mereka itu cuma papan sasaran, menunggu untuk dibidik. (Ini barangkali bukan hanya punya kaitan kultural atau psikologis, tetapi juga anatomis. Yang punya “pistol-pistolan” itu kan emang cuma cowok).

Untungnya–atau justru celakanya ya?–modernisasi telah membuat kita semakin ekspresif, terbuka soal perasaan. Kultur kita yang serba teduh, tertutup, misterius, tak kuasa menahan terpaan gaya barat yang hangat, terbuka, dan spontan. Terus, kok masih ada sms kosong?

*****

Sms kosong dan rasa yang tak menemukan kata itu, juga bisa dikirim seseorang yang sebenarnya buka tipe orang yang sulit mengungkapkan perasaan, bahkan mungkin digelari sebagai Grand Master of Romance, oleh yang mengetahui “kualitas”-nya.

Dia tak hanya grand master soal teori lo… Soalnya ada juga orang yang kreatif banget menyusun kata-kata asmara nan indah, laci-lacinya dipenuhi lembaran berisi puisi yang mendayu-dayu, juga selalu bisa diandalkan sebagai tempat curhat dan konsultasi soal pernak-pernik asmara. Tapi Sang Grand Master justru jomblo sejomblo-jomblonya.

Yang ini tidak. Soal teori mengagumkan, dalam praktek mencengangkan. (Ya, mencengangkan. Kok bisa ya, orang seromantis dia nge-jomblo). Serius, portofolio penaklukannya cukup impresiflah.

Nah, kok bisa ngirim sms kosong juga?

Mungkin karena dia sadar, rasa itu tak seharusnya ada. Dia sudah tidak pada posisi yang tepat untuk jatuh cinta, seperti Inzaghi terlanjur pada posisi offside untuk menjebol gawang lawan.

Itulah saat ketika dia sadar, bahwa memiliki sudah tak mungkin, tapi juga mustahil berhenti menyayanginya.

Dia tak ingin ada yang menyakitinya, tetapi juga sudah bersiap untuk tak terlalu merasa sakit, jika suatu saat ada yang sungguh-sungguh ingin membahagiakannya.

Inilah rindu dari jauh, yang berlayar tanpa pernah bisa berlabuh. Inilah cinta yang ingin menjagamu tanpa harus membuatmu merasa terganggu. Inilah hasrat untuk membuatmu bahagia, tanpa memaksamu menjadi miliknya. Inilah cinta yang tak pernah terucapkan, hingga tiba saat menyerah di garis batas kehidupan.

Tuit… tuit… tuit. Message received. [Blank] as my life without you.

==========================================

PS: Jadi kalau kamu bertanya apa maksud sms kosong itu, inilah jawabnya. Bahwa sudah lama dia memperhatikan jejak mungilmu mengarungi belantara kehidupan, mengagumi ketangguhanmu di tengah kejamnya pusaran nasib.

Ingin rasanya dia menjagamu, little angel, tanpa membuatmu merasa terganggu, memastikan tak ada yang menyakitimu, tanpa harus memilikimu, ingin mendengar suatu hari kamu benar-benar bahagia, bersama orang yang menggapmu sungguh berharga. Itu saja.

==========================================

Yang ini mungkin (tetap) ada gunanya.

  1. Sms Cinta yang Meluluhkan Hati
  2. Sms dan Ungkapan Cinta yang Meluluhkan Hati (2)
  3. Sms dan Ungkapan Cinta yang Meluluhkan Hati (3)
  4. Sms dan Ungkapan Cinta yang Meluluhkan Hati (4)

 

63 thoughts on “Sms Kosong pun Ada Maknanya…

  1. ManusiaSuper

    Tepat sekali bang…

    Karena kadang ada rasa yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata… Entah karena terlalu luar biasa, atau sekedar kebodohan si pemuja…

    *mengirim sms kosong…*

    Balas
  2. alisha

    To be silent is the biggest art in a conversation.
    Sikap diam adalah seni yang terhebat dalam suatu pembicaraan… (anonymous)

    Udah lama ga baca tulisan2nya Bang Toga ternyata banyak yang baru… tetap berisi dan menjadi inspirasi…🙂

    Balas
  3. Treante

    wah kalo saia sih pasti menganganggapnya orang gak punya kerjaan!! buang” pulsa aja!😛

    Bang, boleh gak aku tiru koment of the week-nya? naksir berat nih sejak pandangan pertama😆

    Balas
  4. HeLL-dA

    Tulang…
    Benar-benar terenyuh bacanya.
    Saya jg pernah kirim SMS kosong ke seseorang, karena saking sibuknya dia, dia ntu cuek…
    Tapi, keknya kalo tipe kek dia, ngga bakal ngerti yg begituan.
    Huh.

    Balas
  5. chiko

    wahh.. saya senang banget baca tulisan Bang Toga, sama halnya dengan kesenangan saya berolahraga, apalagi bacanya subuh-subuh sekitar jam tiga..abis itu tidur dan memulihkan tenaga, eh pas pemilu pilih mbak mega..Betul ga?? ya iyalah masa ya iya ga?? hehehehehee…ga..ga

    Balas
  6. lovepassword

    Pikiran pertama kalo ada SMS kosong memang paling2 kecepeten pencet. Kalo berkali-kali ya mungkin memang ada udang dibalik keripik. Bisa saja baik, bisa saja keripik. Bisa saja rindu yang tak sampai. Bisa saja doku yang tak sampai. Lho ?

    Balas
  7. ben

    Kalau sy seringnya di miscall, ganti2 lagi nomornya, ini artinya apa ya? Pernah saya hubungi balik satu nomor, katanya salah sambung, terus kelanjutannya yg miscall ngajak kenalan he..he..he & org yg baru sy kenal pula. Berarti nomor2 lainnya begitu juga ya maunya?

    Balas
  8. us3

    uhmm..biasanya c sms kosong itu cz g ada yg bisa diajak smsan n bonus sms gratis msh bejibun😀

    jdi ngirim sms kosong trs di send many…

    heheee,,

    pernah soalnya saia gt :))

    Balas
  9. mikekono

    kalau sms kosong dikirim
    ke Gubsu Syamsul Arifin
    pasti paham dia maksudnya
    tapi kalau sms kosong maupun
    berisi dikirim ke Wagubsu….
    hasilnya tetap nihil…..hehehe 🙂

    Balas
  10. Yep

    Wah saya suka sekali kalimat ini Bang….

    Kerinduan memang kerap membuat orang kehabisan kata, tiba-tiba fakir bahasa miskin aksara.
    Tetapi sebaliknya, kata-kata–apalagi bila berlebih– justru bisa memiskinkan makna.

    Salam kenal…
    Yep

    Balas
  11. agnessekar

    Mungkin saja benar, tapi mungkin juga tidak, kalau pengalamanku sih realitas aja, yaitu salah pencet, karena terburu – buru, sibuk, mata kurang jelas, hati lagi nggak mute bisa salah pencet. Apapun yang jelas anda kreatif, okay sukses untuk anda.

    Regards, agnessekar.wordpress.com

    Balas
  12. zoel

    ck ck ck… nice post…
    tp koq banyak yg idem sama nasibku ya? hahaha.. cuman belum sempet aja ngirim sms kosong… at least besok/lusa aq bakalan coba..
    thanx & slm kenal bro..

    Balas
  13. hanum01

    pake hp baru kali mas… jadinya salah pncet…

    hehehehhe

    tapi memng kalo yg disengaja, berarti ada makna yg sangat besar dan kata2 pun tak sanggup untuk mewakilinya

    Balas
  14. Haris Suryanegara

    Kenapa saya jadi seperti punya sebuah kronologis kejadian konspiratif ya:
    – mengirim sms kosong
    – dapat balasan, “ada apa, kok ngirim sms kosong?”
    – membalas:
    “demikianlah hidupku tanpamu..”

    Ah..😛
    *berpikir ulang*

    Tapi memang, pemaknaan terdalam dari si pengirim sms kosong itu tidak selalu berhasil diketahui oleh si penerima, apalagi jika sikon di sekitar penerima kurang memungkinkan.

    Balas
  15. ratusableng

    sesungguhnya dalam kosong itu ada isi, dalam isi ada makna, dan dalam makna selalu ada kekosongan..

    jadi, kosong adalah kosong karena isi, seperti tahu isi, disisi jalan yang agak sepi..

    salam kenal, pemikiran yang keren!

    Balas
  16. sealead

    setuju….
    aku sering mengirimkan sms kosong seprti itu
    yup…

    “sudah lama dia memperhatikan jejak mungilmu mengarungi belantara kehidupan, mengagumi ketangguhanmu di tengah kejamnya pusaran nasib.

    Ingin rasanya dia menjagamu, little angel, tanpa membuatmu merasa terganggu, memastikan tak ada yang menyakitimu, tanpa harus memilikimu, ingin mendengar suatu hari kamu benar-benar bahagia, bersama orang yang menggapmu sungguh berharga. Itu saja.”
    kira kira begitulah maknanya

    Balas
  17. meiy

    hmm. hmm.. jadi begitu😀
    aku dulu kalo marah sm seseorang yg kucinta ngirim sms kosong, jadul seeh waktu masih muda.
    diam
    menyimpan sejuta makna
    tapi diam
    bisa menikam

    Balas
  18. Suardi Siregar- Sidimpuan

    ada kawan kita di Medan, jika butuh bantuan darurat dari seorang rekannya yang sudah pejabat di Sumut, malah kirim sms kosong. Dan benar, pejabat itu tahu menjawabnya dengan sigab. “Bah kawan ini sudah betul-betul kosong,harus dibantu”

    Ada-ada saja. sms kosong itu ampuh dan yang mempraktekkannya seorang Jenderal.

    Balas
  19. nee_la

    “Inilah rindu dari jauh, yang berlayar tanpa pernah bisa berlabuh. Inilah cinta yang ingin menjagamu tanpa harus membuatmu merasa terganggu. Inilah hasrat untuk membuatmu bahagia, tanpa memaksamu menjadi miliknya. Inilah cinta yang tak pernah terucapkan, hingga tiba saat menyerah di garis batas kehidupan.”

    tajam banget bang… T_T

    Balas
  20. Joko

    Mungkin kalo orang yang q kirimi sms kosong baca posting ne, pasti dia ngerti..
    (mugi-mugi aja).
    Salut bwat “Bapak Siampudan”

    Balas
  21. Nena Hasan

    Aku pdkt sama cwok tapi kayaknya nga terlalu dekat. Smsan sama dia seminggu sekali. Pernah udah dua minngu dia ngga smsan sama aku . Ehk tiba tiba dia sms kosong ke aku. Tapi akunya yang nggak nanggapin. sampe udah seminggu kemudian dia nggak sms aku lagi. Kenapa yach ?? Mohon tanggapan ari teman2. tengkyu b4.

    Balas
  22. linda

    ooh..jadi gitu artinya..hehe..baru tau..soalnya aku pernah tuh dikirimi sms kosong berkali-kali ma cowok yg kukenal..kirain hpnya rusak..wah klo artinya kyk gitu aku jadi GR..hihihihih…..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s