Tuhanku dan Tuhanmu, Lebih Hebat Tuhan Kita…

Tuhan selalu hebat, dari dulu sampai kiamat. Dialah yang teragung, walau dosa kita semakin menggunung. Dialah yang terbesar, meski semakin banyak manusia yang ingkar. Dia Maha Pengampun, bahkan kepada seorang penyamun yang tak kenal ampun.

Dia Maha Mencinta, memberi tanpa diminta. Dia selalu menang tanpa harus repot berperang. Dia tak tergantikan, walau seluruh semesta menggelar pemilihan. Dia tetap Yang Terindah, walau tak sekeping hati pun sudi menyembah. Dia begitu dekat, hingga mata tak mampu melihat.

Dia segalanya, membuat siapa saja kehabisan kata ketika memujanya…

*****

Engkau memang Pecinta Terhebat, membuat semua orang merasa menjadi sahabat-Mu yang terdekat, kekasih-Mu yang terlekat. Kami langsung cemburu, jika ada yang lain juga merasa sedekat itu. Merasa Engkau sebagai Kekasih, mereka yang juga ngaku-ngaku membuat kami risih, dan ingin rasanya memutilasi mereka menjadi serpih, kecil, tipis, pipih…

Kami sering lupa, kepada-Mu kami semua menuju, walau soal rute kami tak selalu setuju. Misteri dahsyat yang menggetarkan, mustahil dipahami otak sebesar kepalan.

Tapi hanya kekerdilan itu yang kami punya, untuk memuja-Mu atas semua karunia. Persembahan cinta yang menggelikan, seperti kekasih belia dan kekanakkanakan.

Tuhanku, begitu kami menyapa-Mu, seolah Kau Tuhan pribadi bagi setiap hamba-Mu. Cinta memang menimbulkan rasa memiliki, dan rasa benci jika harus berbagi, apalagi berbaginya beramai-ramai dengan seluruh penghuni bumi…

*****

Apakah Kau nikmati jika kami bertikai, memperebutkan-Mu Duhai Ujung Segala Mata Rantai?

Apakah membuat-Mu bergairah, melihat para kekasih-Mu saling menumpahkan darah?

Apakah membuat-Mu terhibur, melihat pecinta yang lugu itu saling bertempur, memekikkan nama-Mu sebelum jatuh tersungkur, tanpa sempat terkubur, di tengah genangan darah memekat seperti lumpur?

Kuharap tidak, walau Engkaulah Pemilik Segala Kehendak.

(Ops, siapa pula aku ini ya, sok mengatur-Mu bagaimana cara memperlakukan hamba sahaya yang tak berdaya).

Kembali pada-Mu ujung segala cerita, kami hanya wadah bagi bahagia dan derita.

Apapun yang sesungguhnya yang Kau inginkan, kepada-Mu saja segenap takdir kami serahkan, entah karena kepatuhan atau karena memang kami tak punya pilihan. Kau kan Mahahebat, Mahadahsyat… (Hehehe, rangkaian pujian, seolah-olah hati-Mu bisa dicuri dengan puja puji atau mawar berikat-ikat).

Tapi… walau Engkau Pemilik Segala Keputusan, boleh kan aku menyampaikan permohonan.

Ajari hati kami, untuk berbagi memiliki-Mu tanpa harus berseteru, mencintai-Mu beramai-ramai dalam cara yang paling damai. Bahwa bagaimanapun kami menyebut nama-Mu, sungguh diri-Mu jualah yang sedang kami rindu…

Buatlah kami rela, menerima-Mu sebagai Tuhan bersama, walau caranya tak harus, dan memang tak mungkin sama. Bahwa Tuhan kami dan Tuhan mereka, tak lain adalah Tuhan kita. Soal siapa sebenarnya yang paling dekat, kelompok mana yang jadi favorit, biarlah itu jadi rahasia di langit.

Jika Engkau adalah Tuhan sebagaimana yang kupahami, sepertinya permintaan ini layak dipertimbangkan, atau setidaknya jangan hukum aku, karena lancang menulis dan menerbitkannya di blog gratisan…

Aku bermohon, menyembah, mengingat, dan mencintaimu seperti ini, karena belum kutemukan cara lain menerima-Mu bertahta di hati.

 

Iklan

44 thoughts on “Tuhanku dan Tuhanmu, Lebih Hebat Tuhan Kita…

  1. Islam Indie

    tuhan terlalu pecemburu
    membuat mereka berseteru
    tuhan terlalu posesif
    membuat mereka defensif
    tuhan terlalu dekat
    membuat mereka penat

    hingga pada saatnya tuhan tertawa
    dan membuat mereka terpana
    akan apa-apa yang ternyata biasa saja
    dan santai-santai saja

    tuhan telah membuatku berseri
    jujur mentertawai diriku sendiri 🙂

    Balas
  2. aryf

    blogger yg aneh 🙂

    semakin aneh semakin nyata
    semakin gila, bertambah cinta
    apapun dirasa, demi si Dia.

    *selamat, anda memasuki daerah berbahaya, dg segala kebahagiaan dan cahayaNya*

    …naked Mode off

    Balas
  3. dcs

    Untuk siapapun yang lebih memuliakan Tuhannya daripada agamanya.

    Tuhanku,
    jika aku mengatakan engkau adalah milikku.
    Jika mereka juga mengaku memilikimu.
    Kami tidak sabar menanti janjimu.
    Kami seolah mengantikan kuasamu.
    Menebas leher yang mengaku menghinamu.
    Seolah kami membela namamu.
    Tuhan ampunilah hambamu.

    Jika bumi ini masih satu, bukankah Tuhan yang menciptakannya buat kita juga satu, engkau adalah Tuhan kami, Tuhan yang agung, kami tidak akan pernah memilikimu, tapi engkau memiliki kami.Memiliki aku dan memiliki saudaraku.

    Tuhanku, ajarilah aku, menyayangimu dan menyayangi saudaraku….

    Balas
  4. putirenobaiak

    dan kubayangkan DIA tersenyum2 (begitulah bodohnya manusia–eh aku–entah cemana senyumnya Tuhan itu) beraninya membayangkan…

    Balas
  5. warno

    Umumnya Tuhan diterjemahkan dengan sesuatu yang penuh kedamaian dan kasih. Namun yang dikesampingkan adalah Tuhan juga menciptakan penderitaan. Tuhan menciptakan badai, gempa, epidemi, penyakit, dll.

    Balas
  6. parToba

    debata mulajadi nabolon i do holong..

    allahu akbar maha pengasih..

    aleluya kasih dan kelembutan..

    amitaba welas asih..

    allah tuhan kasih sayang buat seluruh negri..

    salam damai sejahtera..rancanganNya indah dan rancanganNya damai sejahtera..baik senang dan sedih..selalu damai sejahtera bersamaNya.

    amin

    Balas
  7. HeLL-dA

    Sampai di kolom komentar pun ada yg berpuisi.
    😀

    Jadi, teringat di pelajaran Agama dulu, ada pertanyaan: “Agama mana ya yg bakal masuk surga? Nggak mungkin kan semuanya…”
    🙄

    Balas
  8. parToba

    pintar banget si hell..

    Jadi, teringat di pelajaran Agama dulu, ada pertanyaan: “Agama mana ya yg bakal masuk surga? Nggak mungkin kan semuanya…”

    ??agama masuk surga??agama masuk neraka??
    buat parToba..lebih hebat orang tua ku..orangtuaku adalah pahlawan sejatiku..hidupku tetap bersama mereka hingga akhir hayat mereka.

    MISS YOU DADY MISS YOU MAMY..I MISS YOU
    jaga kesehatan mu da..sotung marsahit hubereng hamu padua..ndang rela ahu..alana holong situtu do ahu tu hamu amang dohot inang..
    inang naburju…accit do na mangaranto on..ndang adong ikan asin di kota on…halak namora do sude…masihol ahu na nitutung2 i…
    miss u.

    butima horas…

    Balas
  9. parToba

    buat forum..percaya deh..lebih hebat orangtua…
    ingat kasihnya..ingat cerewetnya..ingat galaknya..ingat lembutnya..ingat nangisnya..ingat senyumnya…maka kamu akan sadar tuhan itu nyata…

    percaya deh..lebih hebat orang tua..si iblis pun akan cemburu!

    Balas
  10. mahma mahendra

    kita hanya bisa mengintrepretasikan tuhan sekemampuan pikir kita. padahal tuhan jauh lebih dari yang kita pikirkan… .

    Balas
  11. zal

    ::tapi keknya Lae, kalo masih banyaknya permintaan kita, macam yang tak percayanya kita kalo dia itu “begitu dekat begitu nyata”…karena agak hilang ikhlas disitu…tapi, itupun keknya-nya…

    Balas
  12. parToba

    buat parToba..lebih hebat orang tua ku di kampung..orangtuaku adalah pahlawan sejatiku..hidupku tetap bersama mereka hingga akhir hayat mereka.

    MISS YOU DADY MISS YOU MAMY..I MISS YOU
    jaga kesehatan muna da..sotung marsahit hubereng hamu padua..ndang rela ahu..alana holong situtu do ahu tu hamu amang dohot inang..
    inang naburju…accit do na mangaranto on..ndang adong ikan asin di kota on…halak namora do sude…masihol ahu na nitutung2 i…
    miss u.

    butima horas…

    Balas
  13. parToba

    banyak manusia telah berbicara ketuhanan/dan banyak juga telah gagal..
    banyak juga manusia telah membahas keilahian/dan banyak juga telah kecapekan..
    dan telah banyak juga manusia mencoba untuk mengenal keallahan/dan banyak juga dah mengeluh..

    tapi banyak juga manusia tidak melihat sekelilingnya..
    telah banyak melupakan hal2 sederhana di sekitarnya..

    bahagiakanlah orangtua kamu dahulu..
    bahagiakanlah adikmu dahulu..
    bahagiakanlah abangmu dahulu..
    bahagiakanlah kakakmu dahulu..
    bahagiakanlah istrimu dahulu..
    dan bahagiakanlah dahulu di sekitarmu…
    sebelum kamu mengenal ALLAH lebih jauh..itu lebih baik daripada kamu membicarakan ALLAH.

    salam dari Toba
    karna bentar laginya waktu AIR BAH di SUMUT ini..

    buruan bahagiakanlah..dalam kasih Nya Jesus.
    Allah Maha Baik.

    Balas
  14. abdullah johannes

    Kenapa manusia beragama saling bermusuh2an dalam kehidupan dunia ini? Kenapa umat Islam dan umat Yahudi berperang sampe berabad2 lamanya di timur tengah? Kenapa umat Islam, umat Kristen dan umat Yahudi gak pernah akur atau cuma pura-pura akur? Kenapa masing2 agama bersikeras bahwa agamanya adalah yang paling bener dan mengecilkan agama lain? Jawabannya adalah karena agama yang ente anut telah membuat otak sampeyan kagak nalar lagi!! Agama telah membuat panjenengan menjadi bego, mandeg, budeg, kagak logis, munafik, palsu dan kagak rasional!! Pemikiran atas agama adalah pemahaman atas mitos-mitos kuno yang sudah ketinggalan jaman, yang tidak sesuai lagi dengan keadaan masa kini. Dari sudut pandang agama, lebih baik meniru alias menjiplak perilaku nenek moyang daripada menemukan cara baru yang lebih kreatif untuk menyibak kebenaran masa kini. Wow keren banget mengagumi masa lalu agama, bernostalgia dalam kisah2 ”hebat” di kitab suci, kemudian tidur dalam mimpi2 semu yang berisi keanehan, ketidakmasukakalan, bunuh2an dan kekerasan. Terus ketika ente terbangun dari bobo, mimpi itu terus ente realisasikan dalam bentuk fakta yang mengerikan? Membunuh orang kafir adalah oke2 aja coy, buset dah, itu kata kitab suci di 3 agama besar timur tengah lho.Ini membuktikan bahwa agama justru jauh dari nilai2 kemanusian, itulah fakta yang ada di sekitar kita, yang sering kita lupakan, haruskah itu terus dibangga2in? Keyakinan akan iman agama selain udah ketinggalan jaman, juga terbukti jauh dari nalar dan bukti empiris. Agama selalu berkotbah akan kebenaran gagasan tetapi tidak ada pembuktiannya. Sama sekali tidak ada bukti empiris dari agama yang bisa di-verifikasi, di-falsifikasi dan di-validasi secara ilmu pengetahuan dan teknologi. Kalau ada yang bilang ada, itu cuma ilmiah semu (freak science / pseudoscience). Kacian deh lu!! Lalu nganggep gagasan, kalimat, sabda dan semua yang ada di kitab suci adalah sakral? Untuk apa menganggap sakral hanya untuk menuruti apa saja yang dikatakan kakek, mbah, opung, eyang kita, tanpa pernah berpikir memakai nalar, bahwa yang dikatakan sakral itu sebenarnya aneh bin ajaib sekaligus mengerikan? Sebenernya mah kagak ada seorangpun yang sungguh bener2 yakin akan keyakinannya, ia hanya dapat menunjuk dan mengikuti atawa mengekor aja pada suatu komunitas insan-insan yang berkeyakinan sama, padahal suatu konsensus bersama atas suatu keyakinan belum tentu menunjukkan bahwa keyakinan itu bener, iya gak coy? hehehehehe….Salam kere tapi keren!!

    Balas
    1. Hari

      Ilmu pengetahuan begitu hebatnya dan akan semakin hebat dengan bertambahnya tahun … ?

      Kehebatan ilmu pengetahuan itu diabdikan bagi manusia …
      Tapi kenapa si manusianya sendiri …
      Tidak bisa melepaskan diri dari KEMATIAN ?
      Ada apa ya ?

      Balas
  15. thymoty

    Aku adalah Hilalbenshahar
    Aku adalah juga ciptaan Tuhan
    Statusku adalah mahkluk mungkar
    Tapi justru aku lebih mengenal Tuhan

    Aku adalah Hilalbenshahar
    Aku heran mengapa Tuhan
    Begitu mencintai manusia
    Mengapa Tuhan mebela manusia

    Mau tahu?????????

    Balas
  16. kereta kuda

    tuhan bela manusia? Buat apa? tuhan itu ciptaan manusia, jangan dibalik!!! Manusia juga jangan bela tuhan, manusia harus membela manusia lain, nah itu baru bener, kemanusiaan adalah manusia, bukan yang lain!!

    Balas
  17. Agnes

    Tuhan
    Di jalan ini aku bertahun menuju_Mu
    Kucari diri-Mu
    Dalam tahajud panjangku yang tiada sempurna
    Kucari suara-Mu
    Dalam sunyi, dalam ramai dan dalam suasana apapun
    Tuhan
    Izinkan kumencintai-Mu dengn caraku
    Hanya ini yangkumampu saat ini
    Jangan jauhiku Tuhan
    Jangan tinggalkanku
    Diri ini teramat lemah tanpa-Mu
    Ikat diri ini erat-erat dalam genggam-Mu
    Jangan lepaskanku Tuhan
    Betapa kutakut tanpa-Mu
    Tarik dan dekatkanku kearah-Mu
    Biar kubisa pandangi wajah Kemuliaan-Mu
    Kumohon Tuhan
    Dengankan pintaku
    Cintai
    Dan jadikanku kekasih setia-Mu
    Tuhan
    terimalah aku yang dhoif ini

    Balas
  18. annisa

    Tuhan..aku mencintai-Mu, walau aku tak tahu apa cinta itu. Yang ku tahu, cinta adalah sesuatu yang mencirikan dirimu…Maaf ya~ aku lancang “menamai” diri-Mu, karena aku tak tahu lagi apa kata-kata yang pantas disejajarkan dengan-Mu. Wahai cintaku…^_^

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s