Kenali Tuhanmu, Seperti Bruce Lee Mengenali Kung Fu

Mengenali Tuhan, adalah urusan yang benar-benar pribadi. Aku memahami ini seiring bertambahnya usia.

Ayahku dulu seorang pengikut aliran tasawuf Tarekat Naqsyabandi. Dia biasa duduk terpekur sampai larut malam, dengan tasbih bergerak perlahan di tangan.

Tentu saja itu sebuah cara “berhubungan” dengan Tuhan, yang sangat menggoda dan memesona aku bocah yang sedang kemaruk-kemaruknya mau tau ini itu. Aku melihatnya sebagai sebuah pengalaman spiritual yang sangat intens, misterius, mengasyikkan.

Aku pun ingin percaya dan mengenali Tuhan sebagaimana ayahku melakukannya. Aku meniru-niru dengan sukarela karena dia sendiri tidak pernah memaksa.

Sekian tahun aku mencoba jalan Ayah untuk “menemui” Tuhan. Cukup lama sampai kemudian aku menyadari aku tak akan pernah mengenal Tuhanku dengan cara yang dia lakukan. Aku hanya bisa mengenali-Nya dengan cara dan jalanku sendiri.

Tentu saja ini akan bertentangan dengan pemahaman agama yang umum. Doktrin agama, agama manapun, akan mengajarimu apa kata tuhan. Akan membatasimu bagaimana berpikir, bagaimana merasa, bagaimana menyembah tuhan. Mereka juga akan membukakan untukmu “semua” misteri. Tapi kau tak akan pernah mengalami rasa itu langsung dengan keseluruhan dirimu sendiri.

Tuhan telah diterjemahkan untuk kepentingan ramai-ramai, untuk keperluan kelompok, sesuai dengan agama-agama yang terinstitusikan. Dan mereka tak akan menyediakan tempat buat kesadaran personal yang unik, sebuah hubungan dan komunikasi langsung dengan Sumber Segala Sumber.

Bruce Lee telah merumuskan ilmu beladirinya sendiri, sebuah beladiri yang membuatnya terlempar keluar dari tradisi, dari indoktrinasi yang menutup pikiran, dari kebiasaan-kebiasaan lama. Dia belajar bagaimana menyerang dengan cepat dan langsung, tanpa harus membuang tenaga untuk yang tidak perlu.

Namun dia melarang mereka yang ingin mengikuti ajaran beladirinya secara membabi buta. Jet Kun Do adalah jalannya sendiri, bukan jalan untuk semua orang. Silakan belajar dan mengambil apapun yang kau mau dari sana, tetapio jangan pernah mengikutinya secara persis, utuh, keseluruhan. Walaupun saat ini jutaan orang toh mengkopas ajaran Jet Kun Do Bruce Lee secara utuh, dan terbukti mereka memang bukan siapa-siapa.

Ada sebuah konsep menarik yang dikembangkan oleh Ken Wilber: Holon. Holon adalah sebuah unit, kesatuan yang utuh dan punya parameternya sendiri, tetapi terbuka dan berhubungan langsung dengan sesuatu di luar dirinya.

Semua hal adalah holon, sebuah keseluruhan diri, sekaligus juga bagian dari sesuatu yang lebih besar lagi. Sebuah sel kecil di tubuhmu adalah Holon. Sebuah agama juga holon. Bumi juga holon.

Mengatakan bahwa sesuatu tak punya hubungan dengan yang lain, atau tak memikiki kemampuan untuk memengaruhi dan mengubah sesuatu yang lain di seluruh jagat semesta, adalah inti fundamentalisme yang menggiring kita kepada perang, kebencian, dan kepicikan.

Mereka yang berpikir bahwa dirinya terpisah dan terkucil dari seluruh dunia, akan mengakhiri hidipnya dengan bunuh diri. Mereka yang tak pernah bisa memahami dirinya, dan hanya melihat sesuatu dari luarnya saka, makan akan denga mudah membunuh atau menyakiti orang lain. Jika pun tak sampai separah itu, maka pola pikir demikian akan membuatmu sebagai manusia yang selalu dikurung prasangka.

Within my own lifetime, I simply want to try to make myself better than who I am. I want to carry a light inside me that can not be touched by the wind of another human being’s insecurity. I don’t want to be a human being who just takes, and takes, and takes. I want to give, and take, and give. And give. And the only one who can help me do that is myself–a self that is connected with all the world.

Kau adalah dirimu sediri yang utuh, sebuah kesatuan, sebuah holon, yang merupakan bagian dari sesuatu yang lebih besar, holon yang lain. Hidup dengan kesadaran itu adalah hidup yang nyaman, hidup yang tenang, hidup yang jauh dari cengkraman sepi, yang selalu mencekik jiwa-jiwa yang terisolasi, atau mengisolasi dirinya sendiri.

17 thoughts on “Kenali Tuhanmu, Seperti Bruce Lee Mengenali Kung Fu

  1. C4ndra

    Sepakat bang. Ada kalanya kita harus melepas segala pengetahuan yang telah kita punya untuk mendapatkan pengetahuan baru yg begitu melimpah. Begitu pula dengan masalah ketuhanan sepertinya tidak jauh berbeda. Umumnya orang lebih suka mengimani masalah ketuhanan berbekal dengan pengetahuan yg di berikan oleh lain ketimbang mengimani pengetahuan hasil jerih payah sendiri sebagai buah dari proses yang tanpa henti.😉

    Balas
  2. Siu Elha

    Anand Krishna pernah bilang “Carilah setan dalam dirimu, maka otomatis ketuhanan dalam dirimu akan muncul” hubungan kita dengan Tuhan adalah rahasia terbesar dalam hidup kita masing-masing, dan kedalaman cinta dan rasa hanyalah menjadi milik kita denganNya dan ternyata itu sangat menggairahkan Lae!

    Balas
  3. immie

    setiap orang pasti memiliki gambaran yg berbeda mengenai Tuhan di kepalanya, hanya kadang tidak berani menjalani hubungan yg eksklusif dengan-Nya. Sudah terlalu penuh dijejali pandangan umum dari agama masing-masing.

    Balas
  4. CY

    Sebenarnya ajaran2 yang ada adalah perumusan berdasarkan pengalaman secara umum. Katakanlah “jalan protokol”. Tapi kalau ada beberapa orang yang menemukan jalan pintas berupa gang kecil atau jalan sempit, sebenarnya ga bermasalah. Yang penting alamat tujuan dan nomer rumah pas. Tidak hanya satu jalan ke Roma.

    Mungkin kalau orang lain harus menyendiri dikamar dan bersujud untuk bisa dekat dengan TUhan, saya cukup merenung sambil menyetir untuk mengerti intisari ajaranNya. Ataupun sebaliknya.

    Balas
  5. HeLL-dA

    Kalau hal ini dilakukan dlm kehidupan beragama, inilah yg menyebabkan banyaknya agama…
    Sering org bilang, banyak jalan menuju Roma. Apakah memang seperti itu?
    Yang lebih parah, manusia terkadang jadi mengarang-ngarang caranya sendiri utk menyembah Tuhan. Bahkan ada yg berbuat yang malah bisa membahayakan dirinya sendiri…

    Oya, saya sebenarnya masih dlm tahap pencarian akan Allah. Kalau ditelusuri, semua agama sepertinya diciptakan oleh manusia..
    😕

    Balas
  6. meremmelek

    ▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄
    ▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄
    ▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄
    ▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄

    BERITA BAIK!!!
    Mari kita liat nich blog. keren abiss!

    MARI MENCARI KEBENARAN

    Masuk sini= http://mustahil-kristen-bisa-menjawab.notlong.com/

    ▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄
    ▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄
    ▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄
    ▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄▀▄

    Balas
  7. CY

    @Hell-DA
    Kalau anda Kristen, pasti anda tau bahwa tak perlu pelajari kitab suci sampai njelimet baru bisa tercerahkan menjadi Kristen. Yang ada sebaliknya, tercerahkan dahulu (oleh kehendakNya) baru mempelajari kitab suci. Itulah yang saya maksud tak satu jalan ke Roma. Apa yang saya alami belum tentu luar biasa dan mencerahkan bagi anda, demikian juga sebaliknya. Bagi saya intisari semua ajaran Kristus cuman satu yaitu “Kasihilah musuhmu” bisa melaksanakannya berarti sudah bisa menyatu denganNya, mungkin bagi anda beda lagi.

    Bahkan dalam satu agama saja ada beberapa aliran, bukankah itu “tak satu jalan ke Roma” ?? 😀

    peace…

    Balas
  8. pengembarajiwa

    Insan itu Rahasia Ku dan Aku adalah rahasianya.

    SAtu kesatuan yang tidak akan terpisahkan untuk menjadikan suatu jalan dalam mengenal Allah. Karena pada Hakikatnya Allah itu meliputi dan selalu serta dimana kita berada. Ibarat Bunga Mawar dan Bau Harumnya, Kertas dan warna Putihnya, Lautan luas dan Airnya. Semua itu penuh dengan Sir/Rahasia Allah untuk mereka-mereka yang yakin kepada Allah .

    Balas
  9. adityajason

    “Tuan yang maha segala-galanya tidak butuh dengan hamba-Nya”. Apa yang hamba lakukan hanyalah untuk kepentingan dirinya.
    Panduan menjadi hamba kan sudah ada. Kalau mau dibaiki ya patuh saja. kalau mau di benci yang ingkar saja. Kalau loe ngga patuh jangan mimpi deh bisa ketemu.

    Tak usahlah di bahas apa itu Naqsyabandi kalau tidak butuh dengannya. Jangan lihat Naqsyabandi kalau hanya ingin mencaci.
    bagi kawan yang bertariqat, jangan kau lemparkan permata kepada babi. sungguh babi tidak akan bisa menghargai permata.

    Balas
  10. Nesia!

    @Aditya
    Mungkin juga karena babi justru lebih paham dari manusia, bahwa permata itu hanya benda, tak berarti apa-apa. Manusia saja yang bodoh, tergila-gila kepada benda.

    Balas
  11. adityajason

    @nesia!
    kalau anda setuju apabila anda yang manusia lebih bodoh dari babi yang ga papa juga. it ok, itu pilihan mu.

    buat kawan yang bertariqat, behati-hatilah dalam bersurah, ini adalah forum umum. Bacakan Quran dan sunnah. Maka itu sudah cukup bagi mu.

    bagi kawan yang sedang mencari setitik air, jangan ambil air di muara, tapi sauklah langsung dari mata airnya. Mudah-mudahan airnya murni, bersih, jernih lagi sejuk rasanya.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s