Kata Mereka, Al-Qur’an (dan Alkitab) Itu tak Logis, Bahkan Menggelikan Secara Sains

Bumi nan imut dilihat dari bulan. Itu baru dari bulan, objek yang sangat dekat dengan bumi (dalam standar jarak benda-benda antariksa). Konon lagi dari matahari, apalagi alpha century, bintang terdekat dengan tata surya kita. Begitu mungil, begitu ringkih, begitu tiaada… Dan di sanalah miliaran makhluk bernama manusia hidup dengan sombongnya, merasa sudah memahami segalanya. Bukankah katak di dalam tempurung masih jauh lebih bijaksana?

______________________________________________________________

Saya buat tulisan panjang lebar berjudul “Justru Setelah Jadi Muslim, Aku Tahu Kristen Itu Benar“, berisi tentang betapa banyak sebenarnya persamaan dan potensi kerja sama antariman yang bisa dibangun antara penganut kedua agama terbesar di dunia itu. Sekian ratus komentar terhadap entri itu malah didominasi oleh pertengkaran. Pesertanya, orang-orang yang merasa, sekali lagi merasa, sudah menggenggam kebenaran.

Merasa posting itu “gagal”, saya pertajam lagi pesannya, lewat posting yang judulnya saja sudah Islam vs Kristen, Pemenangnya Atheis. Yeee, di sini malah lebih parah lagi, saling maki. Ada juga yang mengancam memenggal leher saya.

Saya kadang geli, kadang sedih kalau materi pertengkaran itu menyentuh ketidaklogisan masing-masing agama, ketika ayat-ayat di kitab suci dikuliti, dibuat terkulai tak berdaya, ketika disandingkan dengan fakta-fakta sains.

Bagi saya, akibat pertengkaran itu, kedua kitab suci itu, Al-Qur’an dan Bibel, jadi sama-sama menggelikan, beda-beda tipis lucunya, terutama ketika keduanya bercerita tentang proses penciptaan dan fenomena alam. Dan seperti bisa ditebak, hasil dari setiap perdebatan agama, adalah makin kunonya kitab-kitab suci terasa, dan makin besarnya alasan untuk meninggalkan agama, dan akhirnya, Tuhan.

Ngga percaya? Gimana nggak. Si Kristen menulis gini.

Al-Qur’an itu sok pinter, sok ngerti astronomi. Masa dibilang matahari beredar mengelilingi bumi, padahal jelas-jelas terbukti yang bergerak itu bumi, dan matahari yang sebenarnya sebuah bintang yang “dekat” dengan bumi justru diam. Jelas aja Muhammad ngarang gitu, karena yang dia lihat emang matahari beredar, persis kayak pemahaman nenek moyang kita di zaman prasejarah.

Ada juga cerita konyol bahwa Allah menciptakan bumi datar bak permadani yang terhampar, beratapkan langit yang dibuat tanpa tiang. Jelas Muhammad ngga pernah tahu kalau bumi itu bulat, dan langit itu tak ada, hanya ruang kosong tanpa batas. Ruang kosong emang ngga perlu tiang. Emangnya masjid? Ada juga cerita soal manusia yang diciptakan dari segumpal darah. Busyet deh, bukannya pertemuan antara sperma dan ovum?

Lagi-lagi Muhammad cuma menuliskan apa yang dilihatnya, trus nyontek dan ngedit naskah alkitab di sana-sini. Gimana orang Islam bisa percaya dia utusan terbaik Tuhan. Dasar iman buta!

Dan seterusnya …

Terhadap serangan itu, si Islam umumnya tidak melakukan defence mechanism, membela dan mempertahankan kebenaran ayat itu. Soalnya, cerita semacam itu emang bertabur di Al-Qur’an, dan celakanya, sudah secara sah dan meyakinkan menurut sains, cerita itu keliru. Makin dipertahankan, makin babak belur. Ujung-ujungnya yang keluar makian. Kalau yang agak kalem, mungkin akan bilang, “Udahlah, lakum dinukum waliyadin. Buatmu agamamu, buatku agamaku. Kita lihat saja nanti.” Log off!

Jadi satu-satunya pilihan adalah menyerang balik! Gunakan semboyan Tarung Drajat, atau total football ala Hiddink: Menyerang adalah pertahanan terbaik Begini misalnya.

Pas baca bibel Markus, 13:24, “Tetapi pada masa itu, sesudah siksaan itu, matahari akan menjadi gelap dan bulan tidak bercahaya”, jujur, sebenernya gue kagum. Iman Islam gue terguncang. Bagaimana mungkin, Bibel yang ditulis dua ribu tahun lalu udah ngerti bahwa kelak matahari akan kehabisan sumber energi fusinya, dan padam. Dengan demikian, bulan yang sumber cahayanya adalah sinar matahari yang dipantulkan ke bumi, dengan sendirinya juga padam.

Tapi gue jadi ngakak pas baca lanjutannya (13:25) dan bintang-bintang akan berjatuhan dari langit, dan kuasa-kuasa langit akan goncang. Dasar kitab fiksi jadul. Penulisnya pasti mikir, taburan bintang itu kek bola lampu pijar, kecil-kecil, dan bakal jatuh bertabur ke bumi, kek permainan kembang api di Ancol.

Padahal bintang itu gedenye minta ampun, ada yang sekian puluh kali lipat dari matahari yang termasuk bintang berkukuran kecil. Padahal matahari juga udah kek bola voli dibanding bola pingpong dengan bumi.

Dan gue makin ngakak aja baca lanjutannya. (13:32) Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa saja.” Lho, katanya Allah dan Putra itu satu kesatuan bersama roh kudus. Satu kesatuan kok bisa beda wawasan. Trus, sebagai Bapa, betapa tak tulusnya dia sama anaknya, yang cuman atu-atunya itu. Buktinya, masih ada yang ditutup-tutupin. Perasaan, fakta yang ditutup-tutupin seorang bokap ama anaknya, paling soal bini muda deh.

Mendapat serangan balik itu, sami mawon, si Kristen juga tidak mau bertahan, tetapi balik menyerang lagi.

Yang terjadi kemudian jual beli serangan tanpa ada yang mau menangkis. Inilah pertarungan legendaris di tinju kelas menengah antara Antonio Barrera dengan Fernando Vargas, di mana keduanya saling pukul dan tak ada yang mau bertahan. Kalau tidak salah, Barrera menang angka tipis, tapi yang jelas keduanya sama-sama babak belur, dan harus mendapat perawatan intensif seusai pertandingan. Untuk bisnis tinju profesional atau penggila sepakbola, yang semacam ini bagus. Biasanya bakal banyak darah tercecer dan kedua petinju gantian dapat itungan pas terpukul jatuh, atau dalam sepakbola, bakal banyak gol tercipta, dan orang Amrik pun mulai menggemarinya. Intinya, penonton terhibur.

Nah, dalam kasus pertengkaran agama tadi, penonton yang terhibur adalah para atheis, para ilmuwan yang tidak melihat satu alasanpun untuk mengakui keberadaan Tuhan.

Tapi masa sih agama jadi tontonan, hiburan buat para atheis pulak? Si Beriman babak belur, bolak-balik terjungkal, si atheis malah terhibur, bolak-balik terpingkal-pingkal. Hamba yang percaya itu, telah “mempermalukan” tuhannya sendiri.

Ngga bosan saya menyampaikan, tuduhan ketidaklogisan kepada sebuah agama, adalah serangan kepada semua agama, karena semua agama memang tidak (hanya) dibangun berbasis pengetahuan dan nalar, tetapi juga sebuah getaran yang dipancarkan untuk diterima sebuah receiver di dalam diri manusia.

Hanya mengandalkan nalar, tanpa mengaktifkan receiver itu, seseorang akan menjadi seperti robot, cerdas dan berdaya ingat kuat, tapi tanpa rasa, tanpa cinta, dan kematiannya tak ‘kan diiringi setetespun air mata.

Dalam novel keren Snow, karya Orhan Pamuk yang top abis, ada seorang tokoh menyebutkan, “Para atheis itu, adalah orang-orang yang kesepian, tak menemukan satu alasan pun mengapa dia ada di dunia. Bagaimana dia bisa bahagia, jika dia memahami eksistensi dirinya hanya merupakan dampak sebuah kejadian biologis …

Nah, bukankah semestinya, hamba-hamba Ilahi di agama yang berbeda itu duduk bersama, merumuskan pembelaan kolektif terhadap semua agama. Ajak para cendikiawan, fisikawan, geolog, mereka yang berilmu sekaligus beriman, dari agama mana pun. Lakukan pertemuan secara marathon, kadang di lapangan dekat masjid, lain kali di pelataran parkir gereja, atau di pinggir sebuah telaga di tengah rimba, di mana Tuhan belum diberi nama.

Saya berani bertaruh, akan ditemukan cara, akan berdiri sebuah benteng, yang menghempang tsunami pelecehan dari budak-budak pengetahuan, hamba-hamba teknologi, bahkan melontarkan gelombang balik, menggulung arogansi ilmu pengetahuan, seperti Laut Merah menggulung Firaun dan gengnya.

Belum lagi jika Tuhan – bagaimanapun orang-orang beriman itu menamainya – berkenan mengutus malaikat ke tengah kumpulan anak-anak kebenaran itu, minimal sebagai peninjau, atau bisa-bisa diperintahkan Tuhan menyusup sebagai inspirasi, ilham, petunjuk, hidayah, atau apalah, ke jiwa para peserta itu. 

Ah, akan lahir sebuah tonggak sejarah yang mengubah dunia, yang diulas dalam buku-buku sejarah, yang wajib dibaca para pelajar, beribu tahun kemudian.

Kubayangkan, salah satu hasil penting konferensi itu, adalah penerbitan kitab baru, dengan judul When Qur’an Meet Bibble, atau Bunga Rampai Ilahi, atau Perjanjian Umat, atau Rumput Suci untuk Domba Soleh, atau Ka’bahku Roma Romaku Ka’bah, atau Bersatu Hamba Tuhan, Bercerai Murid Setan. Untuk kalangan remaja, dibuat buku berjudul agak panjang, “Tuhan Gue Keren, Tuhan Elu Juga, Emang Sama Kok”. Dicetak dalam bentuk buku, diperbanyak dalam bentuk CD (dan sekali ini, jangan larang orang membajak), buat versi braile, terjemahkan ke dalam semua bahasa, buat situsnya http://kesabarankamisebagaiorangberimanudahhabis-kinikamibersatudalamnamatuhan-terimalahpembalasankami-haiorangorangyangtelahmembuattuhankesal.com

Andai saya diundang ke sana, saya akan menyodorkan sebuah draft, seperti saya posting di blog saya Nesiaweek. Kalo draft itu nanti terasa jelek, ya wajar, itu kan baru hasil pemikiran satu orang, yang (sangat mungkin) tanpa pendampingan satu malaikat pun.

Kalau terasa bagus – optimis dikit boleh dong – tuh kan… Itu baru dari satu orang lho. Kalo rame-rame, pasti deh bunuh-bunuhan, dan diruang konferensi itu perang salib era millenium bermula. Huahahaha …

Sori kalo jokenya ngga cool. Jadi kalo berkenan, silakan liat, kopi, edit draft itu. Ato bukalah blog lain, dan sulutlah pertengakaran baru di sana. Kamu kan prajurit kesayangan tuhan… tuhan dari Hongkong!

Iklan

38 thoughts on “Kata Mereka, Al-Qur’an (dan Alkitab) Itu tak Logis, Bahkan Menggelikan Secara Sains

  1. zal

    ::bang, kalo yg ecek-ecek memang kek gitu, 🙂
    seorang atheist sejati, bahkan tanpa Tuhan sekalipun, akan memberikan yang terbaik darinya selama hidupnya, pernah saya mendengar sebuah cerita dari seseorang dimana dia bertemu denga 2 org atheist di slandia baru, si atheist berkata : “aku tak tahu apa yg terjadi setelah aku mati, namun selama aku hidup aku akan memberikan yg terbaik dari hidupku..” sedangkan chrisye mempertanyakan, “jika surga dan neraka tak pernah ada, masihkah kau sujud kepadaNYA..”
    jadi beragama pun memerlukan kesejatian…, sehingga bertemu kesejatian dari kitab-kitab pengantar keberagamaan….

    Balas
  2. kw

    akan susah banget lae bikin acara macam itu. wong yang seagama saja masih cakar-cakaran. heran juga kenapa orang2 suka sensitif banget ttg keyakinan.

    Balas
  3. Ping balik: “SMS CINTA” « Icul10’s Weblog

  4. Datyo

    Mas…memang pemahaman orang macam macam, dan resikonya kalo tulisan di lempar ke mereka akan ada jawaban yang ajaib ajaib. Tapi gak pa pa mas, ini bisa jadi proses pembelajaran buat semua orang. Sampeyan jalan terus saja….
    Saya pun dengan sampeyan juga ada yang setuju dan tidak setuju. Bahkan ada yang sangat tidak setuju. Tapi sebagai manusia harus ada dalam koridor saling menghormati dan menghargai bukan ?
    karena ya itu tadi, disadari bahwa pemahaman agama masing masing orang berbeda.

    Balas
  5. Menggugat Mualaf

    sebelumnya, e.. itu saya yang disebut mas dana 🙂

    setuju. saya prihatin dengan manusia yang banyak alasan. selalu mencari alasan. bahkan kitab-kitab suci diadu tuk menemukan alasan.

    padahal jauuuhhhhh… di lubuk hati terdalam, saya tidak menemukan banyak alasan tuk menyadari bahwa ternyata kita sama-sama manusia…

    Balas
  6. Menggugat Mualaf

    nambah komen ya bang toga..

    berbicara ttg kitab suci atau karya tulis apapun, maka kita harus mau berbicara “sudut”.

    dalam pengertian manusia sebagai makrokosmos, wajar jika dinyatakan seperti matahari beredar mengelilingi manusia/bumi. disana manusia sebagai subyek alam.
    sementara di pengertian manusia sebagai mikrokosmos, maka wajar pula dinyatakan kalau semua beredar mengelilingi matahari. di sini manusia sebagai obyek alam.
    e, kebalik ga tuh pengertian mikro dan makrokosmosnya? tolong koreksi ya 🙂

    hehehe, ya itulah tuhan bang. Dia ada dimana-mana.
    ketika Dia ada dihati kita, maka semua diluar kita menjadi obyek. sementara ketika semua diluar kita adalah wajahNya, maka kitalah yang menjadi obyek. gitu ga sih, bang?

    persoalannya, kita mau yang bagaimana? mau terus menerus sebagai obyek atau mau berperan lebih banyak sebagai subyek di kehidupan ini?

    menjadi blogger dan mengispirasi banyak orang juga satu upaya tuk mulai menjadi subyek di kehidupan inikan?? yuk, kita sama-sama.. pisss 😀

    Balas
  7. odang

    pada inij markus 13:24 dimana yesus menggunakan bahasa perlambang….matahari, bulan… sumber penerangan lambang dari penerangan seperti agama2 dunia, fisafat, idelogi yang selama ini manusia pada umumnya mendapat pencerahan bagaikan matahari dan bulan….pada hari kiamat akan gelap … bintang dan kuasa2 langit lamabng dari penguasa2 dunia bgaikan bintang dan pujaan kalayak ramai/manusia mereka pujaan … seperti politisi… , pejabat, penguasa2 yng menentukan terang dan dan gelap dunia ekonomi,politikdan sosial..yang ataupun apanamanya….mereka akan berjatuhan ke bumi….. sedangkan bumi me;lambangkan umat manusia dan rakyat biasa….jadi para hari kiamat para bintang2 tersebut akan berjatuhan akan sama seperti rakyat biasa2 tdk sanggup berbuat2 apa.
    salam

    salam

    Balas
  8. ok oke aja

    LEBIH BAIK PERCAYA DARIPADA TIDAK PERCAYA.WHY?TOH seandainya kita mati kalau tidak ada Tuhan juga tidak apa -apa.tapi kalau tidak percaya dan ada Tuhan, saya tidak tahu nasib anda setelah menyesatkan banyak orang di dunia.jadi sebaiknya percaya Tuhan.banyak orang yang percaya bahwa ada iblis itu termasuk ayah kandung saya yang sebelum bertobat ia mencari kekayaan lewat bantuan iblis dan itu terbukti ada yang membantu dia dan masih banyak kisah lainnya di sekitar hidup kita tapi why orang tidak mau percaya Tuhan.Allah Itu Roh sehingga kita tidak bisa membandingkan hal rohani dengan jasmani karena hal2 yang bersifat jasmani tidak mampu menyalaminya.

    Balas
  9. ok oke aja

    khusus untuk orang kristen yang lahir baru telah mengalami kuasa Allah.kalau anda melihat sesuatu dari dunia ini atau ciptaan anda akan tetap menemukan kekurangan dan ketidaksempurnaan,WHY karena yang sempurna itu Hanya Allah.jadi apabila anda mengkaji suatu kitab suci baik itu alkitab maupun kitab2 yang lain anda akan tetap menemukan kekurangan didalamnya,oleh karena itu alkitab menulis bahwa semuanya tidak dituliskan secara sempurna karena apabila ditulis maka tidak ada media yang dapat menampungnya maka Yesuslah yang akan menyempurnakannya ketika Ia datang kembali yang kedua kalinya

    Balas
  10. ok oke aja

    Alkitab itu cukup banyak dengan perumpamaan,jadi alkitab menulis apabila kamu kekuarangan hikmat mintalah pada Dia.banyak orang orang tidak memahaminya karena mereka menerjemahkan dengan hal hal jasmani.Yesus tidak pernah memaksa siapapun untuk masuk surga hal itu tercermin lewat perumpamaan mengenai seorang raja yang mengundang tamunya pada pesta so apabila kita rindu masuk surga maka hadirilah undangannya atau membuka pintu ketika dia mengetuk.saudara saudara perlu ingat bahwa hanya ada satu manusia yang lahir karena dikandung oelh kuasa Roh Kudus danitu tercatat dalam tiga kitab agama besar di dunia misalnya dalam Alquran di surat maryam atau alkitab di kitab injil dan kitab taurat Yahudi

    Balas
  11. ikut ah

    mengapa dia dikandung oleh Roh Kudus karena Dia tidak bercacat dan berasal dari surga dan bukan dari dunia ini.saya bersyukur karena Allah memberikan saya hikmat sehingga mau percaya padaNya maka genaplah firman “bukan kamu yang memilih Aku tapi Aku yang memilih kamu”jadi Roh Kudus mengalir kemana Ia suka.mintalah pengertian pada Allah supaya Dia memberi hikmat.sebenarnarya semua agama baik termasuk Islam tapi saya lebih percaya pada Yesus karena Ia mengajarkan hal hal Rohani,misalnya mengenai sunat Ia mengatakan Sunat hati kita bukan bagian tubuh kita,atau mengenai makanan yang najis Yesus bilang makanan hanya masuk kedalam perut dan keluar di jamban,yang menajiskan kita adalah apa yang keluar dari dalam hati kita yang kemudian melahirkan dosa,berdoa dengan menutup pintu supaya Allah melihat yang tersembunyi itu dan memberkati kita,atau berpuasa tapi tidak menunjukan kepada orang lain bahwa kita puasa.Ajaran Yesus lebih unggul dari ajaran Islam maupun Yahudi.Misalnya umat Islam yang menyembah Allah tapi masih menyembah kuburan orang mati dalam hal ini kuburan Muhamad setiap kali sholat dan naik haji.hal ini saya tuliskan bukan berarti saya merasa diri suci atau lebih baik dari orang lain tetapi itu semua adalah haknya Allah sebagai hakimnya sebab kita sama sama terdakwa dosa dan dia satu satunya hakim yang benar tapi Alkitab berkata “PERBUATAN TANPA IMAN MATI DAN IMAN TANPA PERBUATAN MATI ” JADI SAYA HARUS PERCAYA YESUS dan saya sendiri telah mengalami kuasaNya secara pribadi

    Balas
  12. ikut lagi ah

    perlu diketahui bahwa alkitab itu bukan saja berisikan tentang kebenaran atau wahyu Allah,inilah yang tidak dimengerti oleh kaum non Kristen.alkitab berbeda dengan Al Quran .Alkitab merupakan refleksi iman orang orang yang percaya akan kebenaran.anda mau buktinya didalam alkitab tertulis “”” LALU IBLIS BERKATA JIKA ENGKAU ANAK ALLAH ………”ini bukan wahyu dari Allah tetapi perkataan iblis ketika dia mencobai kedagingan Yesus karena selama Yesus di dunia ini seketika lamanya lebih rendah dari malaikat karena Dia masuk dalam tubuh jasmani.JADI JANGAN MENERJEMAHKAN ALKITAB KATA PER KATA MELAINKAN APA MAKSUTNYA.

    Balas
  13. hamba allah

    terkutuk lah kalian semua, atas nama 2 kalimah syahadad, Aq bersumpah akan ku hancurkan semua agama kecuali Islam, la khaula walaquata…

    Balas
  14. imam mahdi

    pelajari dulu semua kitab , taurat, zabur, injil, al-quran baru komentar. pelajari buku bibel, quran dan sains modern ommm?????
    coba ayat mana di Al-quran yang bilang bumi datar ommmm????
    matahari mengelilingi bumi????? ada ada aaja… mana ayatnyaaa?????
    wah itu lucu lagi dari segumpal darah itu setelah dari pertemuan sperma dan sel telur ommm???? makanya belajar dulu itu buku bibel n quran n sains modern.
    banyak kejadian manusia diquran om????? dari cairan hina ?????
    makanya baca dulu semua baru terjemahkan…..
    bibel sama????? itu kitab dr TUHAN cuman dia selalu dalam terjemahan bangsa2 sendiri bahasa aslinya tidak pernah dimuat ommmmm??????( terjemahan orang lain2 ommmm )
    perlu ingat TUHAN ITU ESA. tidak ada yang menyerupai_NYA
    Nabi hanya sebagai pemberi peringat ommm?????
    Coba Apa Arti: “(Allah/Bapa/YHWH/Yahwe/Yehusa) Akbar”
    ….. bumi bagai debu dibanding matahari….matahari…bagai debu…dibanding bintang ANTARES ommmm???? sementara itu masih dlm 1 galaxy…
    padahal 1 galaxy ada kira2 200Milyar bintang…..
    angkasa raya ini…. kira2 yang masih diketahui orang ada 200Milyar galaxy…..itu belum ada mega galaxy(kumpulan galaxy) terus yang ciptain kaya BUESARRRNYAAAAAAAAAAAA……………………….
    .;.;.; apa mungkin mata mampu melihat melihat matahari aja gak kuat padahal pusat galaxy ada yg panasnya 50 MILYAR lebih panas dari matahari…..
    cukup….. bacadulu deh bukunya…..ok
    …MUSA, DAUD, ISA putra Maryam, Muhammad adalah satu agama yaitu agama TAUHID (percaya satu TUHAN)

    Balas
  15. imam mahdi

    Aku pengikut Semua Rasul…..dan semua kitab dari TUHAN adalah benar coba berfikir carilah TUHAN
    1..Tuhan yang menidurkan kamu dan membangunkan kamu
    (coba deh tidak tidur 1 bulan kalo bisa)
    Kita beribadah itu rasa terima kasih ommmmm?????
    Tuhan Maha kaya tdk butuh ibadah kita…kita yg butuh ommm????
    TUHAN MAHA ADIL, PENGASIH n PENYAYANG….
    siapa yang paling banyak ingat TUHAN itulah orang yg bersukur…

    jika berfikir tentang TUHAN coba pikir tentang ciptaan-NYA dulu sampaikah Akal manusia ter hadap ciptaan-NYA saja………

    .Allah itu diluar jangkauan panca indera manusia////
    alam ghoib adalah ciptaan-NYA jelas DIA diluar itu
    … SURGA N NERAKA itu juga ciptaan-MYA jelas DIA tidak berada didalmnya….

    1. minimal 5 maktu dlm sehari kita ingat TUHAN dgn sholat cara Rasulullah Muhammad SAW
    2. Isa Putra Maryam sang juru selamat seorang yg suci yg akan turun diakhir Zaman (al-hadist/bukan quran)

    TUHAN Akan melihat kita bersungguh2 mengenal-NYA melalui
    NAMA….SIFAT….DAN WUJUD

    Balas
  16. padahal_hamba_Allah

    @Imam Mahdi

    insya Allah
    Setuju buuaaaangeeet daaaahhhhhhhhhhhh….???

    MEMANG HARUS MEMPELAJARI SEMUA KITAB.
    @ bang Toga makanya lw memahami Al-Quran tu jangan bahasa terjemahan indonesia aja.

    harus paham bahasa,huruf,sebab turunnya ayat..DLL..pokoknya banyak deeeh cari aja sendiri(BUKANNYA SAMPEAN …..KATANYA PERNAH JADI ORANG ISLAM)jadi tahu dong MENGAPA Ayat-Ayat itu diturunkan.

    Lw belom paham AGAMA ISLAM kox balik lagi ke agama semula…WAHH…WAH..GIMANA ..TO SEMPEAN INI….???

    BAGIMU AGAMAMU, BAGIKU AGAMAKU

    By orang yang belajar ikhlas n sabar

    Balas
  17. imam mahdi

    untuk semua…

    Kalau anda ingin kebenaran coba baca ini….
    tapi kalo anda pengennya nyalahin aja ….nah itulah sifat manusia….
    belajar dulu ommmmmmm?????
    jangan sok pinter dulu????(otak manusia terbatas)

    coba baca buku karya DR. Maurice Bucaille.

    Balas
  18. satria

    lho, kok guru agama/ustadz gw blg kl di al-quran dan al-haditz disebutkan bahwa bumi mengelilingi matahari, wah diboongin gw, sialan

    btw, minta info surat dan ayatnya donk bos, mau membuktikan sendiri, hehehe, buat yg bumi itu datar juga minta ya

    thanks berat !!!

    Balas
  19. mill

    ngeri ya kalo comentar diatas sudah ada yang membasmi/menghancurkan agama lain, dll, oooo itu rupanya ajarannya.. penuh kekerasan… tiada kasih.. pantesan dunia kacau..

    Balas
  20. adolf hitler

    Pakailah nalar!! Itu aja kok, mau umat islam atau umat kristen kalo gak pake nalar ya sama saja dengan batu!! berantem melulu dengan memonopoli kebenaran atas nama agamanya masing2? alangkah bodohnya, ngabis2in energi aja…untuk mas ISA AJA : agama tidak bisa menyelamatkan manusia, tapi manusia dan alam semesta ini jika saling bekerja sama, sangat mungkin bisa saling menyelamatkan….apa peran agama dalam reboisasi hutan gundul? kagak ada coy!! apa peran agama dalam pemberantasan korupsi? kagak ada coy!! apa peran agama dalam pemberantasan flu burung, sars, aids, kemiskinan, kecelakaan pesawat, pedofilia, incest, pemerkosaan, aborsi dll dll dll? kagak ada coy!!…justru angka kecelakaan, kemiskinan, aids, flu burung dll dll itu tetep naik coy!! lalu dimana transformasi perilaku masyarakat yang selalu diagung2kan oleh agama? mungkin transformasi itu sudah mati di timur tengah sana, bersama manusia2 timur tengah yang bodoh dan kasar itu, hahahahahaha

    Balas
  21. Joe Hyuga Fuchida

    wah..pada rame.. ^_^ aku ketinggalan nih..
    kalo pengen tahu yg bener yg mana, mendingan mati dulu deh..
    mungkin ni ya..mungkin..
    bakalan dikasi tau tuh.. sama Tuhan kalian.. ^_^
    ngomongin yg ky gini gg bakalan abis cuy..
    sama2 ngomongin hal yg gag keliatan..
    mendingan ngopi bareng.. ^_^
    duduk bareng..
    damai itu indah.. ^_^
    sapa yg bs nolak pernyataan “damai itu indah” ?
    teroris sejati berarti ^_^ yg nolak

    Balas
  22. Hari

    Lae TOGA …
    Lagi nge CEPLOSIN UNEG-UNEG ya ?
    He … He … He …

    Ada hal DASAR yang MERUPAKAN MISTERI …
    Suatu MISTERI yang begitu GAMBLANGNYA ada di DEPAN kita semuanya …
    Namanya KEMATIAN …

    Orang MISKIN … Mati …
    Orang KAYA … Mati
    Orang SUPER … SUPER … SUPER KAYA … MATI juga …

    PADAHAL …
    Kalau mau JUJUR …
    Orang SUPER … SUPER … SUPER KAYA tsb INGINNYA HIDUP TERUS …
    Dengan UANGNYA yang begitu BANYAKNYA …
    Obat apa yang TIDAK BISA DIBELI … ( kalaulah ada) …
    Agar MEMBUAT SEHAT …

    Padahal MANUSIA …
    Meng EKSPLORASI … TERUS dan TERUS …
    Di berbagai BIDANG …
    TETAP saja KEMATIAN TIDAK BISA DIHINDARKAN ?

    Ada FAKTA-FAKTA PEMBINASAAN oleh TUHAN …
    Yang ARTEFAKNYA sampai ke jaman kita …
    Kaum NUH dengan kapalnya yang melebihi kapal induk jaman sekarang …
    Kaum Luth …
    FIR’AUN yang TENGGELAM di LAUT MERAH …
    Dsb …

    FAKTA-FAKTA itu diceritakan oleh seseorang yang MENDAPAT WAHYU …
    Yang TIDAK HIDUP di MASA KEJADIANNYA …
    Untuk menjadi PELAJARAN bagi MANUSIA …
    TIDAK JUGA DIPERCAYA …
    Minimal yang PERCAYA sedikit sekali …

    Yang MENDAPAT WAHYU itu diberikan MUKJIZAT …
    TETAP saja TIDAK DIPERCAYA …
    Bahkan di OLOK-OLOK …
    sebagai CERITA DONGENG PENGANTAR TIDUR …

    Ini SEMUA FAKTA bukan ?

    Kenapa ?
    Ternyata …
    Dalam SEJARAH KEMANUSIAAN …
    Siapa yang MAU TAAT kepada ALLAH …
    Selalu saja DIPELESETKAN agar ber ALIH dan TIDAK FOKUS ke ALLAH … ?
    Ke yang INI …
    Ke yang ITU …
    Dst …

    Bukankah PEMELESETAN itu sudah dijelaskan siapa AKTORNYA ?
    Siapa lagi kalau bukan si IBLIS ?
    Yang dari SONONYA …
    Tidak MENGINGINKAN orang bisa KEMBALI ke SURGA …
    Suatu TEMPAT yang begitu PENUH KENIKMATAN yang …
    IMAGINABLE and UNTHINKABLE … ?
    Maunya SEMUA ORANG MENEMANINYA ke NERAKA ?
    Suatu tempat yang PENUH SIKSAAN yang …
    Unimaginable and Unthinkable ?
    TIDAK PERDULI yang sudah …
    Ber ISLAM …
    Ber KRISTEN …
    Ber YAHUDI …
    Ber BUDDHA …
    Dsb …

    Makanya BANYAK orang TERPELESET …
    Sehingga BERSAMA-SAMA ke NERAKA …
    Menemani sang IBLIS ?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s