Catatan Admin: Mengapa Komentar Anda Kena Blok

Blog ini sebenarnya – secara bertahap – sudah saya tinggalkan, namun ternyata masih ada saja kawan-kawan yang mengunjungi bahkan berkomentar di sini – dan masih mengalahkan Nesiaweek Dotcom, blog saya yang baru itu.

Entri yang paling laku dikunjungi adalah “Sms Cinta yang Meluluhkan Hati” – syukur bila itu bisa membantu satu dua orang menemukan cara untuk mengekspresikan perasaannya – namun yang paling ramai dikomentari, seperti sudah bisa ditebak, adalah “Justru Setelah Jadi Muslim Aku Tahu Kristen Itu Benar“.

Nah, komentar untuk entri itu sering kali ditahan oleh Si Ismet, sehingga tidak muncul. Si Ismet itu memang sudah diprogram untuk menahan komentar yang menyertakan 3 link atau lebih. Jadi let me make this thing clear: bukan saya pelakunya.

Terlepas dari komentarnya sering mengkritik bahkan mengancam penggal leher saya, komen dari pembaca dengan nick Hamdani tidak pernah kena blok karena tidak pernah menyertakan link.

Kesimpulannya, tulislah sendirilah pendapat Anda, apapun itu – setuju, mendukung, menolak atau memaki – jangan sekadar menyodorkan link ke tempat lain. Kalau bisa sih, gunakanlah bahasa yang sopan, apalagi bila Anda yakin sedang menyampaikan kebenaran. Hal yang benar, semestinya disampaikan dengan cara yang benar pula. Itu pun, terserah Anda sih.

Terima kasih.

 

 

 

Iklan

4 thoughts on “Catatan Admin: Mengapa Komentar Anda Kena Blok

  1. Ping balik: “SMS CINTA” « Icul10’s Weblog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s