He conocido a mi Señor por mi Señor

Tau nggak, itu sebuah hadist, ungkapan Muhammad SAW, dalam bahasa Spanyol. ‘Araftu Rabbi bi Rabbi artinya, Kukenal Tuhanku dengan Tuhanku.

Sebelumnya, dia juga bilang, “Siapa yang mengenal dirinya, akan mengenal Tuhannya, dan siapa yang mengenal Tuhannya, dirinya seakan tiada.”

Aku sering kesal, ungkapan Muhammad yang sering kita kutip adalah yang “biasa-biasa” saja, tentang hukum ini, hukum itu, pokoknya tetek bengek reward and pusnihment and something like that-lah. Tak banyak yang mengetengahkan “pencapaian” spiritualnya, yang membuatnya memang layak disebut sebagai kekasih terbaik Tuhan.

Dan aku tersentak, ketika potongan hadist itu malah kutemukan dalam situs berbahasa Spanyol dan Inggris.

The Prophet said: ‘Whoever knows themself knows their God.’ And he said: ‘I know my Lord by my Lord.’ The Prophet points out by that, that you are not you: you are God, without you; not God entering into you, nor you entering into God.

Aku ngga tau, apa agama si pemilik situs itu, sepertinya bukan Islam, tapi yang jelas dia berhasil memungut mutiara paling berharga dari Sang Nabi, sementara kita yang mengaku pengikutnya, sibuk membahas dan bertengkar, tentang hukuman apa yang diberikan buat laki-laki yang ngen*** dengan istrinya di bulan puasa, atau apakah sah mencuci kaki yang dijilat anjing hanya dengan sabun detergen, tanpa tanah dan pasir.

Kunyuk, kunyuk!

6 thoughts on “He conocido a mi Señor por mi Señor

  1. hanum

    sabar lae…pelan-pelan…kalau berbicara tentang Tuhan..lae gak bisa monopoli. ya mungkin itu cara mereka mengenal tuhannya. banyak cara toh? mungkin begitu Tuhannya lae…dan lain lagi Tuhannya mereka…lae, makasi atas koreksinya.

    Balas
  2. telmark

    kalimatnya keren. Ulama kita (menurut pandangan saya) hanya bisa menakut-nakuti saja.
    sehingga saya dahulu berpikir, saya telah menyembah Tuhan perkasa yg maha buas… 😦 setelah bnyk membaca dan mencari, justru sebetulnya Tuhan tuh sangat pecinta kasih.
    salam.

    Balas
  3. Susie

    kebetulan saya juga non muslim tapi sering membaca terjemahan alqurán dan hadist nabi ( dua link diantara link2 favorit saya .
    Jelas saya mempunyai panduan yang lain , tapi penasaran dan keinginan saya utk mengetahui tentang islam .
    Yang pasti user guide yang saya yakini tetep alkitab …
    Tapi dengan membaca user guide yang lain membuat wawasan saya luas , lebih mengerti yang lain dan bukan utk mencari perbedaan dan persamaann yg ahkirnya saya jadikan utk bahan adu argumentasi lho ….
    paling nggak saya lebih tahu dan mengerti ttg teman muslim saya , bahkan ahkir2 ini kami sekeluarga lebih sering mengkonsumsi daging halal , walaupun punya motifikasi lain yg mendasarinya karena lebih hygienis ( 100% tahu kalau binatangnya di sembelih dan bukan mati sakit ) ..

    Balas
  4. obie

    Itulah indahnya berislam…

    Tuhan tidak serta merta memberikan jawaban atas segala misteri di dunia ini…
    maka, al qur’an dan As-Sunnah juga demikian
    Tuhan memberikan kesempatan untuk manusia menemukan konsepsi tuhan melalui akalnya.

    mungkin:
    tuhan tak memberikan jawaban itu buat umat islam…
    karena mereka udah percaya…
    tuhan lebih banyak memberikan jawaban yang lengkap kepada umat lain..
    karena mereka belum percaya, sehingga dengan demikian mereka kemudian menjadi percaya.

    karena semua jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang muncul di dunia ini, selalu terjawab dalam alqur’an dan As-Sunnah secara tersirat bahkan tersurat.

    Maaf, beginilah pemahaman subjektif saya…

    Balas
  5. zoelzz

    assalamu’alaikum………
    t’lalu banyak b’debat dan sediKit merenuNg, itu y6 mungkin terjadi paDa qta.

    aq sudah dari dulu menyukai warna hijau, tau sih klo di AlQur’an dituliskan bahwa syurga itu b’warna hijau tapi ya itu………
    aq gak pernah m’cari tau atau melakukan penelitian secara ilmiah.
    kebanggaan bahwa Qur’an adlah sempurna tlah melenakan aq untuk melakukan yg lebih
    yg qtau, itu pasti bener, gitu aja!
    eh, baru2 ini aq t’sentak m’baca penelitian seorang ulama (aq lupa namanya entar qcari deh)
    t’nyata hijau adalah warna yg paling baik, baik itu panjang gelombangnya atau jangkau pandang.
    nah lho? hal semudah itu aj t’lewatkan,
    pantas aj baju buat operasi warnanya ijo.
    mash byk lagi sbnarnya,
    tapi gak mgkin kan aq tulis di sini,
    ntar blog bg Toga malah jadi diary aq (he….)

    t’nyata ga’ selamanya keyakinan yg kuat membuat qt b’gerak, tapi qt malah diam membau- baui kehebatan masa lalu.

    ckian dulu ah…..
    oh ya, aq juga dari Medan lho….
    me& yng kadAng bikin nArsis ya khan, baNg!!!!

    Balas

Tinggalkan Balasan

