Surat dari Iblis

Bila Lae Jarar dapat kutipan surat dari seorang PNS, aku malah mendapat hal sejenis, tapi yang ini dari Iblis. Tidak usah diselidiki bagaimana keotentikan surat ini. Toh, Anda bilang jangan lihat siapa yang mengirim, tapi lihatlah apa kirimannya. Surat ini sama sekali tidak mengalami proses penyuntingan. Iblis ternyata tidak seperti yang kita bayangkan. Bahasa mereka jauh lebih sopan dari manusia kebanyakan, meski sedang geram-geramnya.

Manusia yang kami hormati.

Kasih, pengampunan, dan keselamatan dari Tuhan semoga selalu tercurah untuk kalian.

Kalau ada ciptaan Tuhan yang paling banyak dirugikan, itulah kami. Sejak diciptakannya manusia, dan kemudian dijadikan penghuni bumi, tak henti-hentinya kami dijadikan kambing hitam, pembenaran, bahkan seolah-olah menjadi penyebab dari semua tindakan keliru yang dilakukan manusia.

Dari saat matahari terbit hingga terbit kembali keesokan harinya, kami juga jadi sasaran hujatan, penghinaan, yang dilakukan oleh semua kalangan, mulai dari penjahat hingga pejabat, yang kafir sampai yang selalu berzikir, yang royal juga yang kikir.

Untuk Anda ketahui, semua yang kami lakukan adalah atas mandat dari Tuhan kita. Tanpa itu, apalah daya kami. Sekali lagi, semua tindakan kami adalah atas mandat dan izin dari Tuhan. Sementara Anda, kami tahu betul, sering kali berbuat sesuatu tanpa izin dari Dia: menebang hutan, memakan uang rakyat, memperkosa hak-hak anak dan perempuan, dan seterusnya.

Beberapa abad belakangan, kami secara signifikan telah mengurangi kegiatan goda-menggoda seperti diceritakan dalam doktrin agama kalian. Kalian sudah jauh lebih kreatif dalam kejahatan. Bayangkan, Anda bisa tampak shaleh, peduli rakyat, penuh cinta kasih, padahal di dalam busuk!

Kami bangsa Iblis, tidak pernah munafik seperti itu. Garis tegas telah kami buat. Kami profesional, dan taat pada kontrak yang kami buat dengan Tuhan.

Memang dalam kegeraman beradab-abad ini, kadang-kadang kami juga dapat hiburan dari kekonyolan kalian. Bayangkan, tidak sedikit dari kalian yang begitu bersemangatnya ingin membantu Tuhan untuk menghadapi kami.

Busyet dah! (Catatan: ini kata yang paling keras dalam surat inieditor)

Kalian pikir Tuhan perlu itu? Kalau Dia mau, kontrak yang kami buat bisa dibatalkan kapan saja. Tidak saja diberhentikan, kami juga bisa dimusnahkan, semudah Anda menghapus data film porno dalam sebuah flashdisk.

Kalian terlalu banyak menonton film superhero buatan Hollywood seperti Spiderman atau Superman sih: bahwa selalu ada sesuatu yang jahat sebagai rival yang baik. Bahwa ada kami, para iblis selaku sparring partner yang imbang buat Tuhan. Kalian bahkan membayangkan, kadang Tuhan sampai ngos-ngosan untuk menghadapi kami, seperti Spiderman sesekali sampai tercabik-cabik bajunya menghadapi Green Goblin.

Dan untuk itu, kalian berdiri di sisi Tuhan, menjadi pembelanya untuk mengeroyok kami, dengan pedang, bom potassium, iuran ke rumah ibadah, atau khutbah berapi-api.

Ya ampun…. Malu kami jadinya. Tersanjung karena dianggap begitu perkasa. Kami sungguh tak sehebat itu. Hanya Dialah yang Mahahebat. Kita, kami dan Anda, ada di sini, hidup sejenak, hanya karena sebuah kontrak, sebuah mandat. (Bedanya, kami taat, Anda ingkar.)

Ke depan, mestinya kita memperbanyak kerja sama. Kami adalah sumber ambisi, motivasi, passion, hasrat, energi. Masa kalian tak bisa mengambil nilai-nilai positif itu. Jadi, Anda menggunakan metode-metode kami, untuk tujuan-tujuan kemanusiaan dan kemuliaan.

Oh, tidak apa-apa. Bagi kami, tidak menjadi masalah, apakah berhasil atau tidak menggoda Anda. Sesuatu dinilai bukan dari hasil, tetapi proses. Itulah profesionalisme. Banyak atau sedikit manusia yang tergelincir dalam dosa, sama sekali tidak akan menambah atau mengurangi penghasilan kami. Kontrak kerja kami fixed, bukan seperti kontrak dengan buruh yang kalian buat.

Malah, syukur-syukur kami memang dianggap gagal, sehingga dipensiunkan dini, dari pekerjaan yang semakin tidak asyik ini. Ditugaskan menjadi seekor kupu-kupu, atau kuntum bunga di lereng bukit, sepertinya jauh lebih menarik.

Akhirnya, terima kasih atas perhatian Anda. Dan untuk selalu Anda ingat, kami tidak begitu berkenan sesungguhnya, untuk bertetangga dengan Anda di neraka. Kami dari api, sehingga neraka memang sesuatu yang suitable buat kami. Sementara Anda, akan mengeluarkan bau hangus, dari kulit yang mengelupas, dan daging yang terpanggang. Mengapa kami tetap saja menggoda, semata-mata karena asas profesionalitas, termasuk ketaatan pada kontrak kerja tadi.

Sekali lagi, kasih, pengampunan, dan keselamatan dari Tuhan semoga selalu tercurah untuk kalian

Salam.

(Kami seungguhnya tak pernah punya nama, karena bisa menjadi siapa saja)

Iklan

33 thoughts on “Surat dari Iblis

  1. ureh

    betul! betul! aku setuju dengan surat itu! 😀

    setan, iblis dan sejenisnya (apa yang lainnya ya?) memang jahat. tapi sifat jahat mereka memang diijinkan sama Tuhan. Karena memang itu fitrah mereka. 😀 mengajak manusia pada kesesatan, dan sebagainya (apa lagi ya?), tapi itu tetap dalam sifatnya sebagai setan, jin, & iblis. Kalo manusia… mungkin sama juga sih. Sifatnya memang dibuat gini. Ada yang tamak, rakus, baik, buruk, dsb-dsb dan itu juga tetap dalam koridor sifat manusiawinya. Sifat berlebihan atau berkurangan (?) itu juga akan tetap mengikuti sifat alaminya (maksudku ttg sebab akibatnya). Jadi…

    **Sepertinya tak ada yang bisa lepas dari hukum alam / sunnatullah. Jadi… apa yang nggak sesuai ya? **

    (setelah pikir-pikir… aku kok malah tambah bingung… :”>)

    Balas
  2. BatakNews

    😀 HA-HA-HA ….
    lae, tulisanmu ini sangat cool. aku suka sekali.

    maunya sih ada pak pendeta atau pak ustad yang baca ini. terus kalau mereka nulis komentar, lae tanggapi begini: “pak pendeta, pak ustad, aku jadi malu sama iblis. ternyata iblis pun mengakui kehebatan TUHAN ….”

    oh ya, aku sudah lihat klip celine dion itu. benar, lagu yang megah.

    Balas
  3. kurtubi

    sekedar mengingatkan bahwa iblis itu hanya satu kesalahannya:
    Ia tidak taat doang ketika diperintah sujud kepada Adam as
    dari kesalahan satu itu (sombong) dikutuk
    bagaimana dengan manusia ?
    berapa kesalahannya?
    berapa kesombongannya?
    Iblis bisa berdialog dengan Tuhan
    manusia?
    mungkin karena itulah
    dikiranya Tuhan abai pada kesalahan kita…..

    dalam satu hal iblis benar ia bertugas hanya satu menggoda manusia…

    Manusia mesti berterimakasih karena adanya Iblis dan syetan
    sebab karena merekalah manusia bisa naik derajat melebihi malaikat… tanpa perantaraan penciptaan mereka manusia tetap sebagai manusia… dicipta dari lumpur berbau…

    wah, penjelasan yang sangat mencerahkan, Mas K. Gimana dengan keshahihan hadith itu, Mas?

    Balas
  4. ihsan

    Walaupun iblis itu kurang ajar, ada satu sifat yang harus ditiru manusia dari iblis. Apa itu?
    TIDAK PERNAH MENYERAH..

    Balas
  5. jaysam

    “Ya ampun…. Malu kami jadinya. Tersanjung karena dianggap begitu perkasa. Kami sungguh tak sehebat itu. Hanya Dialah yang Mahahebat. Kita, kami dan Anda, ada di sini, hidup sejenak, hanya karena sebuah kontrak, sebuah mandat. (Bedanya, kami taat, Anda ingkar.)”

    Menggugah hatiku ;-(

    Balas
  6. mrlekig

    swear, saya suka tulisan ini.

    maaf, menurut saya, musuh sebenarnya bagi manusia berada dalam diri kita sendiri, seperti : iri hati, sombong, mau menang sendiri, menganggap agama/orang lain musuh, dll. Itulah sebenarnya musuh kita, kalau kita bisa mengalahkan (menghilangkan) sifat itu, brarti kita telah menang dan bisa hidup dengan damai..

    salam

    Balas
  7. vando

    Bismillah
    yah, salah satu trik Iblis lah, pura-pura
    nasehatin,lantas kita percaya,trus kita ikutin kata iblis, Nahuzubillah Min Jalik.
    Kita tidak tahu saja Ahli neraka itu bersikap apa kepada Allah, beliau bisa minta ampun kan seperti malaikat yang mengeluarkan statement bahwa manusia hanya meyebabkan lerusakan di muka bumi, Kemudian Allah mengatakan Aku lebih tahu, lantas malaikat tunduk pada perintahNya, nah si Belis (Iblis maksudnya) malah menolak perintah lansung, tidak minta ampun pula, malah dendam,minta hukumannya ditangguhkanlah,minta izin menggodalah, sampai akhir masa nanti, kelewatankan,masih ada waktu bertobat eh malah minta yang lain. siapa bilang mereka profesional, kalau gue bilang si bodoh,sudah tahu surga nyaman,eh malah minta neraka yang katanya mereka (Iblis) nyaman di sama karena mereka terbuat dari Api, masa api minta api, yang bener itu api minta rokok. kan bodoh kan. Terang aja bego, manusia di ajarkan ilmu pengetahuan, Iblis tidak .
    makanya jangan percaya deh apa yang dikatakan iblis, keinginan mereka (bukan tugas) hanya menggelincirkan anak cucu Adam. Sesungguhnya mereka itu musuh yang nyata. Waspadalah !!!

    Balas
  8. nur

    Benar Kata Vando…….
    Skali iblis ya..tetap IBLIS…. Penipu Ulung, Sombong, Angkuh, ngk bisa dipercaya….. Bermuka dua, sok pengen nasehatin tapi nyelakain. apa pada ngk tau gimana nabi adam & Hawa bisa turun kebumi. Semua itu gara2X Satu makhluk Yaitu : IBLIS . Wahai orang yang beriman sesungguhnya IBLIS itu ingkar kepada tuhanNya. Sedangkan tuhanmu adalah Dzat yg maha pengasih & Penyayang. hati2x udah banyak yang jadi pengikut setianya…… Manusia ngk sama dengan IBLIS, justru IBLIS-lah yang menjadikan manusia ingkar kepada TuhanNya. Waspadalah……… Sesungguhnya Iblis itu musuh yg nyata Bagimu…. Wassalam.

    Balas
  9. luthfi

    ada yang janggal dg surat iblis tersebut.
    dia bilang terbuat dari api dan nantinya masuk api (neraka) juga kan tidak apa-apa, katanya.
    Sekarang coba pipi manusia, ditampar dengan tangan yang sama-sama terbungkus kulit sakit bang. artinya kulit ketemu kulit koq sakit ya bang. tolong dong nasehati iblis jangan bangga dulu bahwa meski terbuat dari api juga akan tersika dan sakit kalau dimasukkan kedalam neraka.

    Balas
  10. oalahhhh

    hahahahahahahaha…………yg nulis ini bakat jg jadi penulis. kerja di PH film aja sebagai penulis. gw baru tau iblis bisa nulis surat. hahahahahah……. Anjriiiiit keren2.

    tapi gw setuju setahu gw yg namanya Iblis itu jelas iblis.yg memang jelas2 penentang Allah. tapi yg namanya orang munafik yg berbicara atas nama rakyat, demi rakyat, yg pas kampanye pake senyum2 di baligho2, spanduk2, yg mukanya di exspresikan bertampang kalem alim n berhati mulia, yg tadinya tidak pake jilbab kini pake jilbab demi menarik simpati rakyat.

    padahal hati mereka busuk, penuh tipu daya. belum lg mengatas namakan Ayah atau pendahulunya yg memang orang2 jujur. kalo mereka jdi jg hampir bisa dipastikan sama seprti pendahulunya. korupsi rame2. kalo dibandingin, masih terhormat seekor anjing liar yg mencari makan di tempat sampah.

    yg tidak mengorbankan aqidah2 n Agama tidak munafik. untuk itu gw bersumpah tidak akan jadi pemilih atau memilih para calon2 legislatif yg fotonya terpangpang dimana2 dengan senyum yg lebih sedap memandang seonggok kotoran sapi atau kerbau. Dan iblis sendiri pun sebenarnya sudah di sebutkan dalam kitab suci Al-Quraan. bahwa mereka adalah musuh kamu yg nyata.

    Balas
  11. debu kehidupan

    saya hanya sekedar meluruskan, iblis memang diciptakan sebagai musuh manusia, bukan musuh Tuhan karena iblis itu ciptaan Tuhan, dan kalau anda menyakini Tuhan itu maha kuasa dan tidak ada sesuatupun terjadi didunia ini kecuali atas kehendakNya, kenapa anda harus menyalahkan iblis atas kesalahan yang anda buat, harusnya kita semua sadar diri, semua kesalahan yang kita lakukan adalah kesalahan kita, dan semua kebenaran yang terjadi adalah kehendak Tuhan. salam hangat dari debu kehidupan

    Balas
  12. Hotma Joy

    Pisss.
    Memang kalau mengutarakan kebenaran pribadi dari sisi diluar kita mungkin kita bisa menilai ketelanjangan kita. Kita kadang tidak sadar atas perbuatan kita. Mengatas namakan diri dengan siapa atau bertindak atas dasar dokma apa. Tuhan mengiyakan kepada siapapun untuk membutakan mata hati seseorang seperti firaun. Unsur kesengajaan ini adalah rahasia ke-Ilahi-anNya. Satu hal yang tidak dapat dijabarkan secara logika. Sama sepeti setan, dia mampu dengan cepat merambat kedalam hidup kita seperti virus. Janji kenikmatan daging didunia dan diakhirat adalah senjata utama yang sedap dipandang mata.
    Satu hal yang menjadi rahasia ke -Ilahi- an Tuhan adalah, Dia tidak pernah memintah untuk disembah oleh manusia. Dan hanya Iblis saja yang memintahnya untuk menyebah dirinya sendiri.
    Iblis berkedok, iblis adalah serigalah berbulu domba, iblis adalah sipembawa keadilan dll.

    Balas
  13. Runcing sadewa

    Siapa bilang iblis kesalahannya cuma satu? lebih dari itu. sifat asalanya yang dengki, sombong dan serakah telah membuat kesalahan yang satu tersebut telah menjelma menjadi kesalahan2 lain yang tak hingga banyaknya. bahkan dengan keras kepalanya malah bangga! pada iblis tersimpan sikap dan sifat yang buruk. satu sisi positif yang saya dapat dari iblis: PANTANG MENYERAH!

    Balas
  14. Gervasius

    yg bikin hebat ternyata iblis lebih konsekwen dlm melakukan tindakan tdk seperti manusia yg munafik mengaku org suci ..tp memperkosa… seperti anda dengar seorang ustad…di berita2 apakah itu lebih rendah dari iblis… dasar manusia kl berbuat salah selalu mencari kambing hitam padahal kedagingan dia….

    Balas
  15. Patner VicOrie

    “Manusia yang kami hormati”, kata2 yg aneh . . .
    Emmm, Iblis kan tidak pernah menganggap Manusia itu lebih Tinggi derajatnya dari mereka(Iblis) . . . tidak mungkin kyk nya mereka mau menghormati manusia . . . Tuhan saja, menyuruh mereka agar mengakui manusia . . . mereka malah mengingkarinya . . .
    rasanya kata2 di atas tidak mungkin di ucapkan oleh mereka sampai kapan pun kepada manusia . . .
    Trims . . .

    Balas
  16. برامج

    This is the perfect web site for anyone who hopes to understand
    this topic. You know a whole lot its almost hard to argue with you (not that I actually would want to…HaHa).
    You certainly put a new spin on a subject which has been written about
    for a long time. Wonderful stuff, just excellent!

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s