Kenalan Yuk

Sabtu, 10 Mei 1975, sekitar pukul 22.00.

Bapak panik. Ibu mengerang kesakitan. Tak ada listrik, tak ada bidan, apalagi dokter atau ambulan. Manduamas, kampung di perbatasan Tapanuli Tengah dan Aceh Selatan itu, saat itu hanya dapat dicapai lewat transportasi sungai.

Hanya mereka berdua, dan mungkin Tuhan di atas sana, yang sudah memanggil tiga anak mereka terdahulu. Entah karena cinta-Nya, atau sebab apapun. Yang jelas, saat ketiganya sakit, tak ada obat untuk menolongnya bertahan.

Dan, kun fa yakun. Adalah aku.

*****

Bersama keluarga, istirahat di pinggir Danau Toba saat mudik lebaran

Bersama keluarga, istirahat di pinggir Danau Toba saat mudik lebaran. (Klik untuk memperbesar)

Kemiskinan memang pernah membuat aku sampai pada satu titik kesimpulan, bahwa tak sungguh ada Tuhan di atas sana yang menyayangi kami. Kebalikan dengan Orhan Pamuk, saat kecil aku malah berpikir, kalau Dia hanya mengurusi orang kaya.

Na ingkon sikkola do ho, Anak hasian… Asa boi hehe hita di pudian ni ari,” kata Bapak, yang meyakini, hanya dengan sekolah, aku bisa keluar dari belitan kemiskinan itu. Untuk itu, sawah, ladang, dijadikan Bapak taruhan, dijual untuk biaya belajar.

Aku pun harus menyelesaikan kuliah sambil jualan kelapa di pasar Bulak, Klender, yang sampai sekarang baunya masih bisa kukenang. Persis di belakang Yogya Department Store, yang terpanggang bersama ratusan nyawa pada Mei 1998 itu.

Sekarang bekerja sebagai wartawan koran lokal di Medan, berjuang menulis buku, melakukan kerja dan usaha apa saja yang tidak merampas hak orang lain.

Tinggal di pinggiran Medan, bersama seorang perempuan biasa (emang gimana perempuan luar biasa), ibu dari anakku yang lucu-lucu, dan ibuku sendiri yang sakit-sakitan sepeninggal Bapak.

*****


Tak terasa sudah punya anak yang sekolah. Seperti baru tadi malam aku berkutat dengan PR dari Bu Guru

Tak terasa sudah punya anak yang sekolah. Seperti baru tadi malam aku berkutat dengan PR dari Bu Guru

Aku seperti mendapat “kutuk” untuk selalu berpikir, tentang berbagai hal yang bagi orang lain mungkin sama sekali tak perlu dipikirkan. Terlalu banyak mengapa…

Mungkin benar, selalu ada hikmah bahkan pada “nasib” buruk sekalipun. Untungnya dibesarkan dalam kemiskinan, aku gampang diberi makan. Makanan apa saja masuk. Kaki lima lahap, bintang lima berharap. (Berharap ada yang nraktir). Ada ungkapan kami orang Batak; “Semua yang berkaki empat kumakan, kecuali meja. Itu pun karena kerasnya.”

Sayangnya, aku sangat susah diajak tidur (?) Maksudnya, aku menderita sindrom Fatima, alias Fayah Tidur Malam.

Dan dengan semua perih dan legitnya, aku toh tetap mencintai kehidupan, dan selalu ingin merayakannya. Hidup adalah pilihan termanis dibanding apapun, karena mati pasti sangat membosankan. Sepertinya sih…

Akhirnya, terima kasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan seperti ini. Lagi susah tidur juga ya?

Toga Nainggolan, Medan, Id.

251 thoughts on “Kenalan Yuk

  1. Nila

    Pagi Bang Toga……seneng bgt dimampirin ……..yup….aku udah link blogmu…….
    btw…..tulisannya keyen keyen oi

    makasih. blogmu tak cuma keren, tp sangat-sangat populis. (apa coba!) :))

    Balas
  2. meiy

    fuih di medan juga ya tinggalnya, di koran apa neh Toga? (kayanya enak manggil nama aja kali ya, boleh kan)
    pantes tulisannya oks bgt. ditunggu buku2 nya, ato udah terbit?

    Balas
  3. BatakNews

    lae toga,
    makin mantap aja nih blog. apalagi itu tuh …, banner nesia-nya. font-nya persis majalah newsweek.

    mumpung lae sudah plesetkan blog nesia menjadi nesiaweek, kusarankan sekalian aja lae ubah nama url blog ini di wordpress. jangan lagi nesia.wordpress.com tapi menjadi nesiaweek.wordpress.com. wah, gila bener nama blog ini nanti. gampang diingat dan … tiada duanya. [mak nyos ....] :)

    sssttt …, pelan-pelan ngomongnya lae, ntar keburu ada orang lain daftarkan nama itu di wordpress. makanya, lae buruan ubah. tinggal klik dan nambah empat huruf aja kok. :)

    Balas
  4. sc4rlet

    Hai….

    Indah kali bahasa mu bang…meliuk2 bagai bukit2 menuju sumatra. Pantas sepertinya profesi wartawan untukmu. Jangan kehabisan letter macam diriku ini lah…kena kutuk pulak sepertinya diri ini ahahahah…. txs for dropping by

    Balas
  5. ranny

    Mas Toga met kenall yahhh thankz a lot dah maw berkunjung ke blog sayahhh…baguss banget dah tulisan na huaa mana pic pic na juga uhmmm greatt!!!

    Balas
  6. sukma

    tengkiu dah berkunjung.. blognya keren. mas e orang bali ya?

    bali… ge. balige nama sebuah kota kecil di Tapanuli. From my jeneng wes kliatan to, mba..

    Balas
  7. Sahat

    Horas appara Toga,
    Marsitandaan jolo bah, appara. :-)
    kebetulan lagi surfing ke blog lae siahaan(bataknews), kuliat toga nainggolan, ise ma nian appara on, inna rohaku..he..he..he..jadi di medan do appara ate, anggo au di jakarta do maringanan, adong do milist nainggolan di: http://groups.yahoo.com/group/nainggolan/
    join ate appara. songonni majo, annon hu lanjut pe. Sai horas ma!!

    tabe,
    FW.Sahat

    Balas
  8. Lis Syahliany

    Assalamuallaikum… wilujeng enjing buat Abang… maaf bang saya baca blog abang… hm… bagus2 ceritanya saya baca ampe selesai… dan sekalian aja saya tuliskan sedikit comment, o ya saya dr bandung bang , abang org batak yah? ok dech makasih banyak ya bang… kapan2 saya mampir lg kesini, Wassalam. Lis

    Balas
  9. kennortonhs

    Mungkin juga Tuhan itu bukan tuhan orang miskin, sekalipun banyak pendeta, ustad, dan pastor menyatakan TUhan ada di tengah-tengah orang miskin. Nietzsche, seorang atheis dari keluarga biarawan, yang membantah adanya Tuhan. Tapi, ini semua tak terlepas dari persepsi seseorang, ketika kaca matanya melihat banyak kaum agamawan bejat, ia akan berkesimpulan bahwa Tuhan itu tak ada. Bung Toga, ini sekadar pemanasan argumen, senang membaca buku-buku seperti yang dikutip di blog ini.

    Balas
  10. regsa

    Kadang kita sering menggugat takdir Tuhan dan berprasangka buruk dengan hal yang diberikan Tuhan pada kita…alaaah.dan katanya cobaan yang berat bagi manusia adalah kekayaan…sayapun berharap dapat cobaan yang berat itu…kakaka

    salam kenal

    Balas
  11. mina

    terima kasih telah mampir ke blog Mina, pak Toga, dan meninggalkan jejak XD

    itu..tampilan blog nya bapak sangat keren. saat sering blogwalking dan melihat banyaknya tampilan blog yang keren -keren, saya makin merasa blog sendiri makin jelek saja. bagaimana bisa membuat widgets-nya begitu bagus pa? jadi pengen buat yang kayak gitu..XD

    tulisannya juga bagus. saya juga akan terus menulis, tapi gak mau sampai jadi keriting lah.. :)

    Balas
  12. DOLIO BRAMA ERLANGGA

    lam kenal bang….kayaknya mesti banyak belajar nich tulisannya oke punya dan paling gue suka ..tiap tulisan ada gambarnya..he..he.. emang komic..
    tapi hot…buangett..lam kenal ya..bang toga tetaplah dalam jihat mu.

    Balas
  13. passya

    salam kenal bang toga :)
    saya tau blog ini dari blog bung jarar (bataknews), tulisan anda disana tentang habatahon sungguh membuat saya jadi malu. ingin lebih mengenal anda.

    gbu

    Balas
  14. venus

    salam kenal, bang. halah telat banget, hehehe…

    setuju, bang. mati pasti ga enak. gelap, serem, ditanya2 macem2. hiiiyyyy…

    dan saya fatima juga, temen begadangnya si yati. nocturnal itu keren, huhuuuyyyy…

    Balas
  15. Dimas

    Hoi bang Toga! orang mana kau? Tapanuli kah? aku dulu pernah 3 tahun di Sibolga. Bang artikel-artikel kau bagus kali. Jangan pernah berhenti berbagi ya bang, sedikit manusia seperti kau. Terus menulis bang!

    Terima kasih telah berbagi pencerahan.

    with love, dimas ;-)

    Balas
  16. zebaoth

    seperti artikel yang anda tulis :
    bagaimana bisa anda mencampuri Terang dan gelap?
    ketahuilah bahwa muhammad ****** tidak sebanding dgn Yeshua!

    Saya sebenarnya paling ngga suka menyensor komentar. Saya bahkan tidak memberlakukan moderasi sama sekali. Tapi selalu saja ada orang seperti Anda di muka bumi. Dengan komen kasar seperti itu, bukankah Anda justru sedang mempermalukan diri sendiri?

    Balas
  17. sylvia

    hmmmm, to begin writing is not that difficult for me to keep writing is a different thing, to be always in love of writing is still da problem, more over to write fluently, by the way any way busway, reading other people’s blog could somehow spurr me again.
    nice blog

    Balas
  18. rajaiblis

    hidup adalah segala sesuatu yg bergerak
    mati adalah sebaliknya !
    dan tentu saja sangat membosankan …

    lihatlah patung liberty … dari dulu begitu-begitu saja …

    Balas
  19. qzink666

    Salam kenal, Lae.. :P blognya bagus, tulisannya romantis kali.. Orang medan memang pandai kali menulis.. Kapan2 ajari aku menulis yg romantis2 ya, bang.. Biar status jomblo ini sesegera mungkin ku tanggalkan.. Horass!

    Balas
  20. ureh

    “Hidup adalah pilihan termanis dibanding apapun, karena mati pasti sangat membosankan.”

    Setuju, Bang. Mati itu (katanya) mudah, (mempertahankan) hidup itu sulit. Kemenangan untuk mencapai yang sulit itu pasti manis.. :D

    Balas
  21. adeksetiawati

    Bang Toga salam kenal ya..
    makasi udah mo mampir keblog saya
    tapi ngomong-ngomong fotonya diatas tuh kayak lagi didanau batur he..he..he.. betul ga sih?
    bang tulisannya bagus-bagus, saya ijin nge-link ya

    Balas
  22. eriek

    Bang Toga,
    salam kenal. nama saya eriek. tadi sempat jalan2 ke blog-blog tetangga dan mendarat di sini. saya baca-baca sedikit, ternyata abang jurnalis di Medan (?) hore!! dapet kenalan jurnalis di Medan nih :)

    mudah-mudahan bisa terus mampir kemari. saya masih perlu banyak belajar melihat, merasakan dan tak kalah penting menulis dengan memikat(?)

    salam hangat,

    eriek

    Balas
  23. fahry

    pengalaman memang guru yang gak keliatan , gratis gak perlu bayar ….alias sekolah gratis ( inilah sekolah yang benar – benar gratis ,meskipun dari dulu dah dijanjiin sekolah gratis ,tapi memang begitulah politikus suka umbar janji )makanya sekolah lewat pengalaman susah . ih ga nyambung banget ya ….any way endesway and the busway ,ngebaca tulisan anda cukup membuat aku terkesan .

    Balas
  24. sakuralady

    Salam kenal Bang Toga..
    Makasih dah mampir n comment di blogku
    Fotonya lucu, jadi kesannya orang Bali, jadi lebih terkesan Belih Toga daripada Bang Toga ya.. hehe..

    Saya juga orang Medan loh. ^^Jurnalis Koran Lokal? Nebak Koran apa ya? Analisa, SIB, Suara Pembaruan, apa lagi ya?

    Balas
  25. Lavender

    Salam kenal Bang!
    Maap baru skarang komen ke post yg ini, padahal udah beberapa kali aku komen ke post2 yg lain.
    Salam kenal dari Jogja yah!

    Balas
  26. Desy Hutabarat

    Horas ito, sudah sering kubaca, tapi tak berani aku memperkenalkan diri..
    Nanti, mudah2an pas mudik natal ini, kita bisa berkombur-kombur si lapo nya bang Jarar ito..
    Horas

    Balas
  27. RMY

    Halo Bang :)
    Salam kenal ya..
    hari ini saya jalan-jalan dan ketemu blog ini..
    wuihhhhhh…rasanya tak bisa terkatakan..!!!
    Blog mu ini mantab kale!!!
    Dari caramu membahas sesuatu, gaya bahasanya, ahhh pokoknya semuanya dehhh…
    aku suka sekali…
    Ak link ya Bang :)

    Balas
  28. Harry Andrian Simbolon

    Salam Kenal juga lae, thanks sudah mampir ke blogku. aku senang dengan tulisan-tulisan lae yang provokatif dan membangun itu.
    Sukses selalu lae.

    Balas
  29. baschoro

    Mohon Maaf sebelumnya, saya hanya berharap kita lebih cermat pasang mata, pasang telinga dan lebih sportif, benar tidaknya tergantung manusianya, dan silakan yakini apa yang kamu yakini, jangan plinplan.
    kalau awalnya barat kemudian ketimur trs, menyalahkan arah barat, itu namanya manusianya yang perlu dicek keabsahannya,..hahahaha,……
    apa kita bisa mebalikkan arah barat ke timur?
    tanyakan saja pada rumput yang bergoyang,……
    waras atau tidak?…….!!!!!!
    selamat mengamati jangan membuat arah barat ketimur,… nanti kuawal.
    trim’s….

    Balas
  30. dedy ardiansyah

    Mantaf kali kutengok blog Pak Toga ini bah. Malu awak sama blog sendiri. Salut buat Toga. Oya, sudah baca majalah 9pm (nine pm/ sembilan malam) ? Aku dan kawan-kawan sedang main-main di freemagz. Terbit 8 desember lalu dan edisi kedua 26 desember besok.

    Tapi untuk title, masih pake nama samaran. bermarga pulak itu. Panggabean. hehehe… itu marga bos cewekku. Dari dulu aku memang pengen punya marga.

    Oke pak, tanks ya. minta izin untuk nge-link ke blogku.

    Balas
  31. blacko

    Halloo…..bang……Toga…..
    Salam kenal. wah saya baru pertama kali ikutan nich n masih ijo banget dgn yang beginian. Kalau ada tulisan yang salah tuolong di maapin n jgn sungkan utk disapa / kasih tahu gimana yg baik.
    (baru ikutan baca n join di BLOG gini)
    Salam kenal sekali lagi buat abang n semuanya…….
    BLACKO……..

    Balas
  32. Guntar

    Mati pasti sangat membosankan? :lol:
    Jangan begitu, ah :-P Bagaimana jika saya katakan bhw pilihan termanis kita selama masih hidup adalah memilih bagaimana bentuk kehidupan sesudah mati kita nanti :wink:

    Balas
  33. Tappang

    Horas lae Toga… Sebenarnya aku sudah agak lama tahu nama lae ketika “lowongan” iseng nulis di blognya lae Jarar masih dibuka. Biasanya aku pake nama samaran Lajessca Hatebe. Tapi, baru kali ini masuk ke blog lae… Woww…!! Keren abis lae blogmu ini…. Aku jadi dikit minder nih “sok” ikutan jadi bloger… Tapi, gak pa-pa lah. Aku nge-blog emang iseng doang saat kerjaan kantor lagi sepi. Boleh dong aku link blog lae ini ke blog, ya… [tappang.wordpress.com] – Thanks bisa ketemu lae lagi di blogmu ini. GBU.

    Balas
  34. Humbang Hasundutan

    Horas lae toga. Saya pernah sekali ke Manduamas, tapatnya huta Sitabeak, berkunjung ke rumah amangboru saya marga Simbolon. Wah, daerah yang sangat subur, kelapa ada, cengkeh banyak, joring (jeringa) pun banyak sekali. Saya terbengong bengong melihat pohon-pohon raksasa yang tinggi besar dari pohon kapur barus, yang bila hendak di tebang harus di buat dulu pansa-pansa, karena tidak mungkin menebangnya di pangkalnya saking besarnya.

    Selamat berkarya lae.

    Balas
  35. silk

    Belum kenalan, udah main posting komen aje. Sorry ya, Bang.

    Kenalan deh. BTW, Abang puitis banget. Dibukukan lah, Bang, tulisan-tulisannya. Saya pasti beli bukunya. Biar bisa dibaca anytime. Apalagi kalo sedang merenungi arti dari “keperempuanan” saya.

    Nice blog. GBU.

    Balas
  36. atig

    salam kenal ya bang. blognya keren abis tulisannya aku suka. Dan aku setuju dengan kalimat … hidup adalah pilhan termanis dibanding apapun, karena mati pasti sangat membosankan. Boleh kan? tengkyu.

    Balas
  37. Ryan Sinurat

    Salam Kenal ma tu Lae Nainggolan

    saya sangat berharap bisa terus bertukar informasi dengan lae nainggolan. itupun jika lae sudi dan mau berkomunikasi dengan saya. saya sangat berharap bisa terus diskusi apalagi masalah budaya batak. Saya orang Kisaran, bekerja di salah satu Instansi Pemerintah. Tepatnya Pegawai Negeri. Tapi sering diplesetkan orang , khususnya orang batak katanya Pegawai Na Ngeri. Mungkin sebutan itu memang lebih cocok mengingat kondisi pegawai negeri saat ini. Saya yakin , lae Nainggolan bukanlah orang yang sombong. Saya sungguh mengerti gaya orang Medan berbicara dan menyampaikan pendapat. Terdengar keras dan kasar tapi jujur dan terbuka. tak ada yang ditutupi. Tidak suka berbasa -basi yang tak jelas. Sekali lagi Terima Kasih parjolo buat lae nainggolan.

    Balas
  38. tanobatak

    20 tahun lalu saya lintas Manduamas. Jalan lumayan bagus tapi sempit. Tujuan saya hanya melintas saja ;-) Saya mengajak teman marga SItumorang dari Kampung Mudik Barus. Dengan GL Pronya kami melintas hingga perbatasan ke Singkil.
    Kondisi masyarakatnya benar seperti yang lae ceritakan. Hutan masih banyak walau sebagian sudah dikembangkan kelapa sawit. Saya juga sampai ke lokasi shawmill yang memproduksi material untuk dijual hingga ke Toba. Dari hutan Aceh juga dibasbas untuk mengoperasikannya.
    Dari teman yang ada di Barus setiap ada kesempatan saya tanya perkembangan Manduamas hingga Singkil. Mereka jarang kesana. Dengan pengembangan perkebunan sawit disana, saya harapkan penduduk semakin makmur. Tanah ulayat lae Toga mungkin sudah menjadi kebun sawit ;-)
    Di usia saya yang semakin tua ini masih ingin melintas ke Manduamas, apalagi kalau lae Toga mau ngajak :D
    Selamat berjuang lae tapi saya yakin akan tetap ingat kampung halaman, seperti orang batak umumnya bilang “disi do holiholi ni natuatua i” atau “disi do pusokhi”

    Balas
  39. nirwan

    Salam Bang Toga…

    beribu ampun paduka, baru ini aku kemari. Itupun setelah ditempeleng di blog.

    Terhenyuh kali aku baca “kalau Dia hanya mengurusi orang kaya.” Sayang kali bah Dia sama abang. Sampe abang pun dikasihnya untuk berpikir ke arah sana :D

    salam
    nirwan

    Balas
  40. isnuansa

    salam kenal Bang Nainggolan. ada beberapa Nainggolan juga temanku di sini, karena “bapakku” marga Sianipar.

    Terimakasih sudah mampir di blog saya..

    Balas
  41. edward simatupang

    Salam kenal lae….!
    Saya ada di sekadau kalbar
    pernah di Medan puluhan tahun yang lalu…!
    Bagaimana keadaan keramaian Medan sekarang..?

    Balas
  42. azaxs

    Salam kenal bang…
    Wah blog ini berat dengan kajian2 yang memikat.. jarang ada blog ginian bang… bisa banyak belajar dari sini nih…

    Saya izin nglink ya bang.. Sukses n Horas!! :)

    Balas
  43. Menik

    Assalamualaikum Bang Toga…
    Maaf baru bisa berkunjung kesini..
    Terimakasih sudah menyempatkan diri untuk neduh di saung reot saya :)
    Blog Abang “bermutu” bangedh
    Saya jadi malu :(
    Insya Allah Silaturahim terus ya Bang
    Wassalam

    Balas
  44. ghozaru

    lam kenal bungk
    aku baru mengunjungi blog ini….
    saya jadi malu
    insyaal tetap nyambung

    saya dari probolinggo
    wassalam

    Balas
  45. Jiwa Musik

    alamaaak… :roll: … ternyata ada pula bloger yg merasa dapat “kutuk” yaa… mudah2an lekas terbebas dr kutukannya ya n kembali normal lagi ya lai.

    Ya Tuhan janganlah Sesatkan aku ke dalam blog ini lagi tetapi bebaskanlah aku dari kutukan. Oke lai, kebtulan lagi nonton klip nie, terkirim petikan baitnya padamu:

    Wuo wo.. Jangan jangan kau menolak cintaku
    Jangan jangan kau ragukan hatiku
    Ku kan selalu setia menunggu
    untuk jadi pacarmu

    ~JM

    Balas
  46. mikekono

    wuihhh,excellent
    Nesia dengan tampilan baru ;
    telanjang mencari jiwa atau
    sedang menelanjangi diri sendiri
    Tapi yang penting,
    “Bukan soal kecepatan melaju, tp ke mana arah dituju”

    Balas
  47. Rita

    Meja gak kemakan itupun karena kersnya yaa….. kqkqkqkq…
    si mas bisa aja…..Terus berusaha tak mengenal putus asa…
    dan kerena hidup ini adalah pilihan termanis, jadi pantas tuk diperjuangkan…
    Thx mas udah main ke villaqu, keep in touch yaaa :D

    Balas
  48. syekh adi9

    bertaubatlah engkau sebelum kematian menjemputmu
    api neraka siap membakarmu, jerit sakitmu tak akan ada yang menghiraukan saat itu

    Balas
  49. Alisha

    Assallamuallaikum Bang Toga..
    Selamet malem…
    Salam Kenal…
    Saya lagi sering-seringnya buka blog bang Toga…
    tulisannya bagus2…
    Tetep berkarya-lah… :)

    Balas
  50. untag jkta

    Selamat datang di http://untag.ptkpt.net

    Program Perkuliahan Karyawan (P2K) & Beasiswa
    UNTAG – Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta – 54 th
    — TERAKREDITASI —

    Pendaftaran Mahasiswa Baru Semester Ganjil 2008/2009
    Untuk seluruh lulusan SMA/SMK, D3/Poltek/Akademi, D1, D2, dsb
    melanjutkan atau pindah jurusan ke Program Sarjana (S1).

    Gelombang I = 5 Mei – 6 Juli 2008
    Gelombang II = 7 Juli – 31 Agustus 2008
    Gelombang III = 1 – 20 September 2008

    Kuliah dimulai = Minggu, 21 September 2008

    Sesuai UU-RI No.20 Th.2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional bahwa “Pendidikan Tinggi diselenggarakan dengan Sistem Terbuka”.
    Dan dipenjelasan UU-RI tsb ditulis : “Pendidikan dengan sistem terbuka adalah pendidikan yang diselenggarakan dengan fleksibilitas pilihan dan waktu penyelesaian program lintas satuan dan jalur pendidikan (multi entry-multi exit system). Peserta didik dapat belajar sambil bekerja, atau mengambil program-program pendidikan …. dst.”

    Juga sesuai dengan UUD 45 bahwa “Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan”. Sedangkan diantara warga negara terdapat sebagian masyarakat yang memiliki waktu luang terbatas (khususnya karyawan). Juga sebagian masyarakat yang memiliki dana terbatas.

    Untuk memenuhi kebutuhan tersebut UNTAG menyelenggarakan P2K-PKSM ini sekaligus melaksanakan KOMITMEN SOSIAL. Yaitu dengan memberi kesempatan kepada seluruh masyarakat lulusan SMA, SMK, D3, S1, dsb-nya; baik yang memiliki waktu luang terbatas maupun dana terbatas, untuk melanjutkan pendidikan (atau pindah jurusan) ke jenjang Sarjana (S1) pada jurusan yang diminati (silakan klik), secara layak dan bermutu sesuai keunggulan UNTAG (silakan klik).

    Tempat Kuliah di Kampus UNTAG, Jl. Sunter Permai Raya, TOL Sunter – Podomoro, Jakarta Utara, yang merupakan salah satu kampus ternyaman dengan fasilitas pendidikan tinggi dan penunjang yang lengkap. Untuk mudahnya, disini diberikan peta menuju Kampus UNTAG (silakan klik) serta Angkutan Umum menuju Kampus UNTAG (silakan klik).

    Tidak Ada Ujian Negara (sama dengan PTN).

    Biaya pendidikannya (silakan klik) disubsidi sehingga terjangkau masyarakat, juga diberikan fasilitas kredit biaya pendidikan tanpa bunga dan tanpa agunan sehingga dapat diangsur bulanan sesuai kemampuan mahasiswa. Serta diberikan beasiswa (silakan klik) bagi yang tidak mampu secara finansial.

    Lulusan Program Kuliah Sabtu Minggu UNTAG dipersiapkan menjadi Sarjana sesuai jurusannya, yang dapat mengembangkan jati dirinya dengan bekal ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, sehingga mampu menyelesaikan persoalan sekaligus mengembangkan ilmunya.

    Mahasiswa dan Lulusan Program Kuliah Sabtu Minggu UNTAG maupun Program Reguler UNTAG, mempunyai HAK AKADEMIK, GELAR, dan IJAZAH yang SAMA, serta mempunyai HAK untuk menggunakan gelarnya dan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

    Untuk mempercepat perolehan informasi, bila ingin mengcopy/print informasi secara keseluruhan tentang Program Kuliah Sabtu Minggu dan Perkuliahan Karyawan (PKSM-P2K) di UNTAG, silakan klik “Info Keseluruhan” ini, atau dapat di-klik di menu info keseluruhan di website ini (sebelah kiri).

    Bila ada hal yang kurang jelas, mohon kiranya langsung ditanyakan ke layanan info 17 jam di atas atau silakan klik “Contact Us” ini.
    Bila membutuhkan katalog/brosur lengkap, silakan mengisi di Form Permintaan Katalog di samping kiri ini, kami akan mengirimkannya via POS secara gratis.

    Melalui situs/informasi ini, mohon bantuan Bapak/Ibu/Sdr untuk sudi kiranya turut mendorong/memotivasi keluarga/sahabat/rekan kerja untuk melanjutkan/meningkatkan pendidikannya di UNTAG, baik melalui Program Kuliah Sabtu Minggu maupun melalui Program Reguler.

    Terima kasih,,,
    UNTAG – Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

    Balas
  51. sadiesoegi

    astaga… banyak sekali teman dan fansnya. nambah satu bisakah ? kok bisa sih nulis dengan begitu konsistennya ?
    *sambil garuk-garuk kepala*

    aku jadi malas oiii menulis, minder dengan situ….

    salam kenal, dan ajariku menulis dan beradat batak yakkkkkk (maklum, aku jawa asli yang berputri 2 batak…..)

    Balas
  52. infowira

    salam kenal bang…mungkin karena kita punya ketertarikan yang sama dalam urusan konsep agama dan ketuhanan makanya saya sangat menikmati tulisan2 anda hehehe…good work bang..

    klo sempat mampir rumah saya jgua ya di dunianyawira.wordpress.com

    salaman dulu deh :)

    Balas
  53. parToba

    horas..
    lae naburju..

    salam kenal sian ahu parmuara najonggi.
    godang do tahe na pistar di hita halak batak..terutama halak lae..salut buat lae nainggolan..tetap ma berkarya di bidang pengetahuan lae..soangan do roha adong parbinotoan na dapot sian blog on..tarlumobi di ahu.mauliate.

    sian simatupang parmuara di medan
    debata i ma na maramoti hita sasudena
    butima
    horas..

    Balas
  54. Nainggolan

    Horas Appara…sudah sering aku mampir ke blog appara, tapi baru kali inilah aku baca “kenalan yuk” Kurang lebih sama kisah masa lalu kita appara. Pergulatan batin dulu juga serng merasuk benak saya “BENARKAH TUHAN ITU ADA” Tapi aku takut share tu akka dongan. Molo sanga ro appara tu bagas (blog) nami. Mauliate

    Balas
  55. weirdaft

    oi bang toga, blog yg keren neh
    kata2nya bersayap,,,pantaslah…wartawan pula
    hehehe…salam sesama orang medan

    ijin nge-link blognya yg keren yak….mo belajar bikin kata2 yg bersayap jg
    :D

    Balas
  56. YANDE

    Horas Bang!, wahh.. jauh ya dari Bali, untung ada internet. Ijin ngelink bang, tulisannya abang asik terutama gaya nulisnya, pake gaya kupu-kupu apa gaya ngesot bang? hehehe…

    Salam dari Bali

    Balas
  57. ozzie

    “Hidup adalah pilihan termanis dibanding apapun”

    wow,,,
    sebuah quote yang luar biasa
    bagiku, ini sangat “menusuk”
    karena aq adalah orang, yg mungkin, kurang “menghargai” hidup
    sering aq melakukan protes pada Tuhan
    “mengapa begini, mengapa begitu?” (bukan judul lagu)
    tapi, membaca postingan abang,,,

    LUAR BIASA!!!

    walaupun ada perbedaan pandangan pada beberapa poin, tapi tetap,,

    SALUTE!!!

    salam kenal

    -zie-

    Balas
  58. eddiekrg

    Hmm, sudah saatnya listrik masuk desa, kebangkitan di dunia medis juga musti dipercepat, kasihan orang seperti bang Toga ini lahir dalam kegelapan.. hehehhe salam kenal bang..

    Balas
  59. ben

    horas lae.., nulis sambil disisipi guyon yg cerdas.. keren. Memang hidup ini ngga perlu dipikirkan terlampo serius, dibawa guyon saja lae.. he..he..he.

    Balas
  60. Yep

    Salam kenal Bang Toga….
    Beberapa kali baca tulisan blog abang, kayaknya jadi ketagihan ngikutin tulisan anda Bang.
    Tulisan2 Abang luar biasa, saya minta ijin taruh link
    di blog saya ya, biar bisa ngikutin blog ini terus………

    Thanks….
    Wassalam
    Yep

    Balas
  61. Bain

    Ass…

    salam knl ya mas…..

    aq salut sama perjalanan yang mas jalani…

    tidak semua orang bisa kaya mas …..

    maaf ya manggilnya mas…

    he…he…he…

    Mksih….

    Wss….

    Balas
  62. belajardarikecil

    Assalamualaikum…Shalom…

    Om…tulisan om asyik…bisa nendang dan bisa buat orang ngerasain…gimana kalau kita “on” dalam bertuhan….

    Mudah-mudahan saya dapat belajar menulis seperti Om…

    Om…tukaran link ya Om…Tengkyu

    Regards

    8dk

    Balas
  63. Kenangan T.H. Purba

    Tulang Toga

    Salam Kenal, tapi dan memang sudah kenal.

    Nama : Kenangan T.H. Purba
    Alamat : Jl. Sutomo No. 37 PO. Manduamas Tapanuli Tengah
    RSU Imelda Pekerja Indonesia
    Jl. Bilal No. 24 P. Brayan Darat I Medan Timur.
    HP: 081361688804

    Tulang ! Cantik kali WEB nya tulang, dimana bisa ketemu tulang, berapa no HP tulang.
    Mauliate. !

    Balas
  64. Fajar candra hakiki simamora

    horas ma tu abang senior niba nalambok pamatang jala linggom marroha,ia anggo ni sibahen na denggan ai tuhan i pe sipatudu dalan.

    maaf,jika kata-katanya terlalu berbelit tapi jujur itu menunjukkan saya tidak pelit,jika pun tidak diinginkan tapi saya tetap akan memperkenalkan diri,he…he….

    memang seh kenyataan,bahwa yang namanya ilmu sampaikapanpun akan selalu ada jika kemauan masih melekat,untuk itu saya coba belajar dari weblog abang ini,oya nama saya Fajar Candra Hakiki Simamora,tinggal di Manduamas jl sutomo no.57.saya sering melihat abang di manduamas tetapi lebih sering ,lagi tidak melihat abang,maksudnya?he….itu tandanya abang jarang ada disana?ya ngak?oya bang titip salam rekan manduamas yang lain Rasyd Malau,Hendra Gunawan Pinayungan(Penjahit Nauli Basa) jika abang tidak keberatan maenlah ke blog saya,alamatnya :
    http://fajarcandra.blogspot.com
    http://manduamasindah.blogspot.com
    http://sukailmu.blogspot.com
    http://manduamascamera.blogspot.com

    alamat diatas adalah weblog saya yang sedang diupayakan untuk menjadi sarana komunikasi persentatif bagi mahasiswa manduamas,harap didukung ya bang.mauliateh.

    Dari:
    Fajar Candra Hakiki Simamora,
    Tokoh manajemen Perubahan Publik(Dalam Rencana.he….he…)

    Balas
  65. dsusetyo

    Salam kenal bang Toga. Horas bah.

    You really are a naked mind! tapi lebih dari itu saya sangat suka dengan sikap dan cara pandang Anda kepada hidup dan segala sesuatu yang berhubungan dengannya. Dengan berpegang teguh pada rambu agama Anda akan sukses dunia akhirat. Insya Allah.

    Lalu saya juga sangat suka semboyan Anda: Happines is not a feeling but a decision, you are as happy as you want…
    [catatan dari saya, but happy is a feeling after all]

    Balas
  66. Toga Nainggolan

    @Annas.
    Semua profesi, pasti ada enak dan ga enaknya. Profesi plg enak, jelas profesi yg paling “cocok” sama karakter kita. Kebetulan, saia tipikal org yg paling betah berada di jalanan, huahahahaha, dan suka gatel kalo harus berlama2 di belakang meja.

    Bg Annas, apa profesinya?

    Balas
  67. jahoras nainggolan

    Horas!Tuhan pasti ada dan pasti adil dan sayAng kepada semua orang,hanya manusia merasa tak adil atau Tuhan itu tidak ada oleh karena:kegagalan,kesusahan,penyakit dan banyak persoalan hidup lainnya tapii tidak perna mensyukurii
    Apa yang ia miliki: nafas hidup,pekerjaan,anak,istri atau suami dan ll

    Balas
  68. devieriana

    selamat pagiiiii.. :mrgreen:
    Ini nih salah satu kaporit..eh favoritku, err.. tulisannya. Postingannya selalu berbeza, kalimat-kalimat yang dipilih selalu kuat makna.. Wah beruntung aku kenal sama kamu Bang Guru.. ;)
    *menjura*

    Makasih yoo.. dah mau mlipir di blogku yang mahabiasa ituh.. :mrgreen:

    Balas
  69. ntieholic

    ternyata isi blog nya bagus banget ..
    bahkan sering aku copas buat status ym ;)) *ijin telat* *gag perlu bayar royalti kaaan* :))

    tau bang toga dari ngerumpi, salam kenal bang :d

    Balas
  70. qultie

    Salam kenal bang toga, dapet link ini dari blogny Venus.
    Wah tulisan2ny bikin saya berdecak kagum, bakalan jadi salah satu blog yg bakal saya pantengin nih.
    saya save di blogroll saya ya…

    ^salam^

    Balas
  71. batjoe

    salam kenal bang….
    lagi saya mendaptakan suatu pelajaran dari blog ini yang saya telusurin dari blognya mas MK…
    saya koment disini aja dulu ya mas tadi udah mbaca yang lain…
    enak dan adem tiada caci maki dan selalu tenang…..

    Balas
  72. clingakclinguk

    sepertinya baru kali ini saya mampir kesini, ternyata dapet nomer antrian dua ratus dua pulux :D
    ah, kena sama kalimat terakhir, iya, saya kesini ini juga lantaran susah tidur bang, hahahaha… :D

    Balas
  73. Editor

    membaca biografi perjalanan hidupnya siapapun akan terinspirasi agar mampu menjalani kehidupan ini dengan baik, sungguh2 penuh dengan totalitas.. salam kenal bang..

    Balas
  74. krisna naibaho

    Bang!
    saya punya kisah yang sama dengan abang,
    ketika harus berjalan ditengah persimpangan yang tak pernah berujung,
    tapi saya berusaha bertahan bersama anak dan suami tercinta,
    mereka selalu jadi penghias senyum setiap kali saya bimbang,
    saya tertatih tapi tetap berusaha berjalan,
    demi masa depan si buah hati yang terlahir sebagai cahaya hidup,
    terus berjuang dan berdoa dan yakin segala sesuatu akan ada saatnya.

    Balas
  75. Terang

    salam kenal Bang Toga,
    senang kali baca blog ini,
    ngakak abis sampe nangis, plus terpipis-pipis..

    semoga semua yang terbaik selalu bersama Bang Toga sekeluarga..

    Balas
  76. gella

    assalamualaikum Bang.. salam kenal dari tanah bugis… semoga sehat wal afiat selalu untuk Bang Toga sekeluarga.. dan semuanya yang ada disini…

    Balas
  77. surya

    Salam kenal buat toga saya juga orang batak tinggal dipadang sidempuan kayak toga orangnya satu aliran deh sama saya slangean bawaaanya susah serius
    saya juga hobbby nulis dan baca

    Balas
  78. racoonndut

    salam kenal bang…. :) :)

    bang…. aku minta izin buat ngopi dan nyimpan buat pribadi artikel Tanpa Luka, Cinta Bukanlah Cinta yang ada di ngerumpi dan juga beberapa artikel yang yang ada disini…

    izin yah bang….

    Balas
  79. masda nainggolan

    horas ma di hula-hula i bah…
    mantap hian do blog ni ito kon bah, rame pengunjungnya( ya iyalaaaahh..isi nya dh muantep gitu ya…)
    alani ramena gabe muncul di rohakku naeng manompang martiga2 nama au jo ito hahahahhahaha:D
    (aqua aqua aqua aquuuaaaaa,,,,{sai hira di dalam bus })hahahahah…wkwkkwkw
    salam sukses ma tu ito ku ate… :D

    Balas
  80. chanel boots

    Currently the founder of Fendi was lady Adele Cassagrande.
    The objective(s) of advertisements imply the interaction tasks to be accomplished.
    Finnish people revere then savour good food and fine dining.
    One of the most lavish and indulgent purchase for
    each girl is regularly her wedding wear. http://www.edomovina.
    net/forum/index.php?action=profile&u=31945

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s